10 Obat Sakit Gigi Ampuh Secara Tradisional

Sakit gigi adalah jenis penyakit yang biasa dialami oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu sebelum teranjur sakit ada baiknya jika mengetahui lebih awal berbagai macam jenis obat sakit gigi alami yang bisa dibuat sendiri, sehingga bisa meringankan sakit saat sakit menyerang tiba-tiba. Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam mulai dari bakteri sampai karena banyak konsumsi makanan yang membuat gigi menjadi rusak dan menjadi tempat bersarangnya bakteri yang dihasilkan dari sisa makanan.

Penyebab sakit gigi paling utama karena faktor zat asam yang ditimbulkan bakteri yang terdapat dalam flak gigi, lalu sisaa makanan diurai menjadi zat asam yang dapat mempengaruhi dan melarutkan enamel gigi sebagai sumber awal kerusakan pada gigi sampai akhirnya berlubang atau gusi bengkak dan memar

obat sakit gigi

Ketika gigi berlubang semua sisa jenis makanan menumpuk pada lubang yang kemudian menjadi sarang bakteri yang akan terus memproduksi zat asam dan menyebar sehingga akan mempengaruhi gigi lain yang masih sehat. Agar gigi tetap sehat sebaiknya selalu menjaga kebersihan gigi, hindari makanan manis, seperti coklat, permen atau jenis makanan yang menyebabkan gigi linu.

Berikut ini beberapa jenis obat sakit gigi alami yang bisa dibuat sendiri :

1. Kacang Almond
Ambil beberapa kacang almond lalu dihancurkan sampai menjadi halus kemudian tambahkan sedikit air hangat. Ambil kapas dan basahi dengan cairan air hangat tadi yang sudah bercampur almond lalu masukkan pada gigi yang sakit atau gigit kapas dan menahannya agar cairan menyerap ke sela-sela gigi.

2. Kentang
Umbian ini umum dugunakan sebagai bahan campuran untuk memasak lauk pauk. Tanpa diketahui banyak orang ternyata kentang juga berfungsi sebagai obat sakit gigi alami yang mampu meredakan sakit. Caranya : Ambil satu buah biji kentang lalu dikupas kemudian iris dan gigit irisan kentang tersebut sambil ditahan agar cairan didalamnya mengalir ke sela-sela gigi. Cara lain juga bisa diterapkan misalnya meremukkan lalu ditambahkan sedikit garam untuk kemudian dibalurkan pada bagian gigi yang sakit dan biarkan dalam beberapa saat.

3. Bawang Merah
Selain kentang ada bawang nerah yang juga bisa mengobati sakit gigi. Caranya ambil bawang merah yang masih segar dan sudah tua lalu buang kulit luarnya dan dibelah. Kemudian gigit bawang tadi dengan gigi yang terasa sakit sampai mengeluarkan cairan dan menyerap disela-sela gigi. Cara lain juga bisa diterapkan dengan memarut atau menghancyrkan bawang lalu menempelkan terutama pada gigi berlubang

4. Bawang Putih
Minyak atsiri yang terdapat pada bawang putih berfungsi sebagai anti bakteri sedangkan allicin dan aliin pada bawang putih berfungsi sebagai anti menobati kolesterol. Oleh karena itu selain sebagai bahan bumbu dapur bawang putih juga bermanfaat sebagai obat seperti diantartanya untuk meredakan flu, menghangat badan, menambah daya tahan tubuh dari serangan bakteri termasuk sebagai obat sakit gigi. Caranya ambil bawang putih lalu digigit dengan gigi yang terasa sakit atau bisa dengan cara menumbuknya untuk kemudian dibalurkan pada area yang sakit.

5. Mentimun
Mentimun pada umumnya digunakan sebagai lalapan untuk menambah rasa nikmat pada makanan, sehingga jarang yang berpikir bahwa mentimun memiliki kandungan berdaya obat termasuk salah satunya meredakan dan mengobati sakit gigi. Caranya iris timun atau bisa dengan cara menumbuknya hingga halus lalu tempelkan pada area gigi yang sakit atau pada bagian luar pipi jia terjadi pembengkakan.  Efek dingin pada mentimun sangat baik meredakan sakit pada gigi.

6. Daun Pisang Rajah
Obat-obatan tradisional memang sering terlihat tidak biasa termasuk penggunaan daun pisang sebagai obat sakit gigi. Tidak banyak yang berpikir bahwa daun pisang bisa meredakan sakit gigi, caranya cukup ambil daun pisang muda dan segar lalu cuci bersih, setelah itu ditumbuk halus lalu dikunyah dalam beberapa saat untuk kemudian dibuang ualangi, selagi ramuan masih ada sampai rasa sepet yang ada pada daun pisang menyerap dan terasa dimulut.

7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki aroma khas, tapi terasa sangat kecut. Buah ini biasa digunakan sebagai campuran untuk penyedap masakan, sehingga banyak kaum ibu yang menyimpannya secara rutin dalam kulkas untuk keperluan masa mendatang.  Ada banyak manfaat dan khasiat jeruk nipis termasuk obat sakit gigi yang meyiksa. Caranya cukup ambil 1 buah jeruk nipis lalu dibelah. Peraskan jeruk yang sudah dibelah pada kapas kemudian masukkan pada gigi yang berlubang atau pada gigi yang sakit

8. Jahe
Ketika sakit gigi menyerang tidak seorangpun berpikir akan mengkonsumsi makanan yang bersifat panas atau pedas. Tapi cara pengobatan yang satu ini agak bertolak belakang dengan keinginan penderita sakit gigi yang pada umunya menginginkan suhu dingin di area mulut. Jehe dengan efeknya yang terasa pedas dan panas ternyata efektif mengurangi sakit caranya: ambil jahe kemudian cuci bersih lalu di iris tips untuk kemudian dikunyah

9. Daun Pepermen
Daun pepermin yang masih segar atau yang sudah kering bisa dimanfaatkan untuk menguragi rasa nyeri. Untuk daun yang masih segar bisa langsung dikunyah pada area yang sakit dan biarkan dalam mulut beberapa saat, setelah rasa sakit mulai reda kemudian bekas kunyahan dibuang jangan ditelan. Jika anda memiliki pepermin yang sudah kering bisa ditumbuh halus lalu tambahkan sedikit air dan tempelkan pada area gigi yang sakit atau berlubang.

10.  Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh dikenal banyak orang sebagai pereda sakit gigi. Dalam sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 lalu ditemukan bahwa khaaiat minyak cengkeh bisa menringankan dan meredakan sakit gigi gigi. Caranya tinggalkan dioleskan pada bagian yang sakit atau menggunakan kapas yang sudah dilumuri minyak cengkah dan memasukkan pada gigi berlubang.

Baca:

Selain 10 obat sakit gigi diatas, masih ada beberapa jenis obat tradisional lainnya yang cukup ampuh dan bisa dicoba, yaitu mengobati sakit gigi dengan getah daun jarak, caranya potong ujung tangkai pohon jarak atau daunnya lalu getahnya diambil menggunakan kapas setelah itu masukkan dalam pada gigi yang berlubang. Itulah beberapa caa menyembuhkan sakit gigi secara alami yang bisa dicoba semoga cepat sembuh.

Advertisement
KOMENTAR ANDA