Akibat Kurang Tidur Terhadap Kesehatan

Kurang tidur sering diabaikan banyak orang padahal pola tidur kurang bisa berdampak kurang baik sehingga memunculkan berbagai permasalahan pada kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Kurang tidur  sering terjadi dengan  berbagai alasan mulai dari pekerjaan yang menumpuk sampai karena tuntunan keadaan yang tidak bisa dihindarkan seperti bekerja shift sehingga harus kerja malam.

Tidur merupakan fase istirahat bagi semua organ tubuh untuk memulihkan rasa lelah setelah seharian aktif beraktiviatas sehingga harus dimanfaatkan secara maksimal, agar tubuh kembali pada kondisinya semula. Kelelahan pada tubuh tidak hanya disebabkan oleh berbagai aktivitas secara fisik, karena dalam konsisi diam pun tubuh terus beraktivitas.

akibat kurang tidur

Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa sel-sel otak terus bekerja sehingga dibutuhkan istirahat untuk memulihkan dirinya sendiri agar tubuh bisa kembali berfungsi secara normal. Kurang tidur bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti badan terasa lelah, capek, lemas, mata terasa berkunang-kunang, pusing, mual dan lain sebagainya.
Berikut ini beberapa hal penting yang harus diketahui akibat kurang tidur :

1. Kekebalan tubuh Menurun
Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa orang yang kurang tidur malam selama 2 minggu berturut-turut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Mereka yang hanya tidur 7 jam dalam semalam yang seharusnya 8 jam, lebih beresiko terkena penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidur penuh selama 8 jam.

Hal itu disebabkan karena faktor kekebalan tubuh yang terus menurun sehingga visrus-virus yang menyebar melalui udara tidak bisa diantisipasi dengan kondisi tubuh yang lemah seperti akibat kurang tidur.

2. Pemicu Stres
Hampir semua orang tidak menyadari bahwa dirinya tengah dilanda stres. Pada umumnya mereka hanya tahu bahwa dirinya sedang sibuk dan banyak pekerjaan, sehingga mereka tidak pernah menyadari bahwa pikiran sedang kelelahan. Namun kondisi seperti itu langsung direspon oleh tubuh dengan munculnya berbagai gejala penyakit yang akan timbul seperti diantaranya tubuh terasa lemas dan pusing.

Saat seseorang kurang tidur, tubuh akan lebih sering menyesuaikan suhu pada malam hari, sehingga bagi mereka yang biasa begadang lebih banyak pergi kekamar ke kamar kecil dibandingkan dengan mereka yang hanya sewaktu-waktu begadang. Hal itu merupakan respon dari stres dan berkurangnya daya kerja otak sebagai pengatur suhu dalam tubuh sehingga produksi urin akan berlebih

3. Daya Ingat Menurun
Lupa dan tidak ingat salah satu dari akibat daya kerja otak yang mulai menurun, salah satu penyebabnya bisa dari kurang tidur. Seringkali kurang tidur menjadi alasan karena harus menghadapi ujian pada esok harinya atau menyiapkan materi sebagai bahan rapat dan sebagainya. Padahal kurang tidur akan berdampak menghilangnya semua yang tercatat dalam memori otak.

Oleh karena itu sebaiknya disaat menghadapi pekerjaan yang mengandalkan daya kerja otak, akan lebih baik jika banyak istirahat untuk memulihkan kondisi ingatan yang diakibatkan oleh kurang tidur. Anda bisa mengaturnya dengan membuat jadwal khusus sehingga tidak mengganggu waktu tidur dan juga tidak mengganggu waktu kerja

Advertisement
KOMENTAR ANDA