Amalan-Amalan Di Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, berkah dan Ampunan dari Allah SWT, karena itu pada saat bulan suci ramadhan sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan baik untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Bulan suci ramadhan, bulan terbaik dibandingkan bulan-bulan biasa, sehingga bagi orang-orang beriman menjadi momentum untuk memperbanyak amalan baik untuk memperoleh pahala berlipat ganda, dimana semua dosa dapat pengampunan, doa dan permohonan dikabulkan oleh Allah SWT, pintu-pintu surga dibuka, semua pintu neraka ditutup, semua syetan dibelenggu.

amalan-amalan ramadhan

Dibulan suci ini juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yang disebut malam Lailatul Qodar, bagi mereka yang mendapatinya maka Allah akan mengampuni semua dosa yang telah lalu.

Berikut ini dalah amalan-amalan puasa di bulan suci ramadhan agar memperoleh kesempurnaan ibadah yang kita jalankan :

1. Menjalankan Ibadah Puasa
Pada bulan ramdhan Allah SWT mengawajibkan bagi orang-orang yang beriman untuk menjlankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

2. Memperbanyak Membaca Alqur’an
Memperbanyak bacaan alqur’an sangat dianjurkan pada saat bulan suci ramadhan, baik pada malam maupun di siang hari, karena pada bulan ramadan Alqur’an di turunkan pertama kali oleh Allah SWT sebagai petunjuk bagi manusia

3. Melaksanakan Shalat Tarawih (shalat malam)
Sholat malam di bulan ramdhan, biiasa disebut sholat terawih dan biasanya dilaksanakan secara berjemaah atau bersama-sama baik di mushalla atau di masjid. Shalat malam atau taraweh di bulan suci mempunyai keutamaan lebih dibandingkan pada bulan-bulan biasa sehingga sangat dianjurkan untuk selalu dilaksanakan.

4. Memperbanyak Sedekah
Sedekah atau Shodaqoh adalah pemberian seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara suka rela (ikhlas) serta tanpa berharap balasan dari orang yang diberi, maka Allah akan memberikan pahala yang besar serta balasan berlipat ganda.

Di bulan ramdhan menjadi momentum yang sangat tepat untuk memperbanyak sedekah dan sangat dianjurkan. Rasulullah sendiri dikenal sebagai orang paling dermawan (murah hati) dan beliat lebih pemurah dibulan ramdhan.

5. Memperbanyak I’tikaf
Pengertian I’tikaf adalah berdiam diri di suatu tempat. Sedang I’tikaf dalam istilah syar’i berdiam diri di mesjid dengan tujuan melakukan ibadah kepada Allah SWT, baik pada malam hari atau siang hari.

I’tikaf selalu dilakukan Nabi terutama pada bulan suci ramadhan, sebagaimana telah oleh Siti Aisyah RA :

“Sesungguhnya Nabi SAW selalu i’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudah beliau.”

I’tikaf dilakukan dan dikhususkan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak dzikir, membaca Alqur’an serta amalan-amalan ibadah lain hanya berharap ridhaNya.

6. Menyambut Malam Lailatul Qadar
Lailatul Qadar adalah malam penuh kemuliaan serta memiliki keutamaan lebih baik dari seribu bulan dan hanya ada pada bulan suci ramdhan.

Menghidupkan lailatul qadar dengan cara memperbanyak shalat malam serta amalan baik lainnya sepertu, membaca sholawat, membaca alqu’an, memperbanyak istidhfar, berdzikir, I’tikaf dan lain-lain akan mendapatkan ampunan dari segala dosa.

Dalam hadits Rosulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul qadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR Bukhari)

Menurut banyak pendapat yang kuat bahwa malam‘Lailatul Qodar’ itu terjadi pada malam 10 hari terakhir, terutama di malam-malam tanggal ganjil seperti 21, 23, 25, 27 dan tanggal 29 di bulan ramadhan.

Untuk mendapatkan lailatul Qodar dianjurkan sejak awal bulan raadhan sudah harus mempersiapkan diri dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak-amalan seperti selalu melaksanakan shalat tarawih, perbanyak bersedekah, membaca alqur’an, I’tikaf dan lain-lain.

7. Melakukan Ibadah Umrah
Melakukan ibadah Umrah pada bulan suci ramdhan lebih dianjurkan ketimbangkan pada bulan-bulan biasa, karena pahala umrah yang dilaksanakan pada bulan suci ramadhan sama nilainya dengan pahala melasanakan ibadah haji, hal itu sebagaimana telah disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya.

Karena itu bagi orang-orang yang beriman Bulan suci ramdhan merupakan bulan tepat untuk mendulang pahala dengan memperbanyak amalan-amalan ramadhan sehingga memperoleh kesmpurnaan iman

Advertisement
KOMENTAR ANDA