Arti Nama Seseorang

Arti nama seseorang bagi sebagian orang mungkin dianggap tidak terlalu penting jika merujuk pada sebuah ungkapan yang sering kita dengar dan biasa diucapakan terkait pentingnya sebuah nama ‘Apa arti sebuah nama’ kalimat berupa pertanyaan, namun secara tidak langsung tidak membutuhkan jawaban dan seolah membenarkan bahwa nama itu tidak terlalu penting

Nama adalah sebuah identitas seseorang untuk dikenal dan mengenalkan diri pada orang lain baik lingkungan keluarga atau lingkungan yang lebih luas seperti dalam pergaulan baik baik dengan tetangga atau dalam pergaulan yang lebih luas.

arti nama

Memberikan nama yang baik pada bayi laki-laki atau perembuan tidak hanya penting bagi orang tua tapi juga merupakan kewajiban bagi semua orang untuk memenuhi hak anak memiliki nama yang baik.

Dalam memberikan nama yang baik pada anak didasarkan pada salah satu hadits dibawah ini :

Seorang datang kepada Nabi Saw dan bertanya, ” Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi Saw menjawab, “Memberinya nama yang baik, mendidik adab yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatimu).” (HR. Aththusi).

Jika ada nama yang baik berarti ada nama yang buruk. Nama yang tidak baik tidak boleh diberikan pada anak. Sebaik-baik nama ‘Abdullah’ yang berarti Hamba Allah, sedang seburuk-buruknya nama ‘Malikul Muluk’ yang berarti Rajanya Raja.Nama yang kurang baik lainnya seperti Nar (neraka), lahab (bara), khati’ah (berdosa) dll. Nama yang jelek memiliki arti yang jelek.

Oleh karena itu sebelum memberikan nama pada bayi sebaiknya mencari makna dan arti nama tersebut terlebih dahulu sebelum menjadi identitas bagi putra putri kita tersayang, karena nama yang diberikan pada seorang anak akan melekat hingga akhir hidupnya bahkan hingga ke alam akhirat dan Allah akan memanggil seseorang dengan nama yang digunakan orang tersebut di dunia saat menghisab amal perbuatannya.

Cara Memberi Dan Mengetahui Arti Nama Bayi
Jika anda merasa kebingungan bagaimana cara memberi nama anaatau bayi laki-laki dan perempuan sekaligus mengetahui bahwa nama bayi itu memiliki arti yang baik. Salah cara yang bisa anda lakukan menggunakan google translate, caranya : masuk google translate, lalu atur bahasa Indonesia – Arab (nama arab juga banyak yang keren bahkan saat ini telah menjadi tren) contoh adzka, alfa, aina dan lain-lain.

Lihat gambar google translate dibawah ini:
1 arti-nama-orang
Dalam kotak sebelah kiri bahasa Indonesia sedangkan kotak sebelah kanan bahasa arab (hasil terjemah) seperti diantaranya :

Tinggi = Aliyah عالية
Penyayang = Rahimah رحيمة
Terpuji = Tsana’ الثناء
Masyhur = Syahirah الشهيرة

Pada kotak pertama anda bisa mengubah kata yang sesuai dengan keinginan dan merupakan arti nama yang akan diberikan pada seorang anak. Anda juga bisa mengubah bahasa lain, misalnya bahasa India atau lainnya jika menhendaki nama sesuai dengan bahasa negara tersebut

Advertisement
KOMENTAR ANDA