Batu Naga Sui Atau Akik Darah (Blood Stone)

Memilih salah satu jenis batu akik yang banyak ditemukan di pasaran terkadang membingungkan, karena mulai dari nama sampai pada coraknya yang bervariasi seringkali batu yang sama memiliki nama berbeda misalnya pada batu Naga Sui atau bloodstone ini juga dikenal dengan akik darah karena adanya adanya bercak warna merah pada bagian batu yang meyerupai tetes darah.

Ciri batu cincin nogo sui sendiri memiliki warna dasar hijau atau warna yang lebih mendominasi dibanding dengan warna merah (60%-40%) sebagai acuan pada nama batu itu. Warna hijau pada batu ini lebih mirip dengan batu badar lumut dengan kristal agak buram. Hanya saja batu yang terkenal dengan nama boodstone atau Heliotrope di pasaran internasional  ini terdapat bercak merah sebagai ciri khasnya.

batu akik darah (bloodstone)

Namun terkadang  sering disebut dengan Batu Jasper darah seperti batu pancawarna yang biasanya memiliki beragam warna juga sering disebut blood stone ada juga yang berpandangan bahwa bloodstone bukan jasper, untuk memastikannya perlu diuji laboratorium terutama jika jika batu yang hendak dijadikan koleksi dan berharga mahal.

Baca Juga : Tips Permata: Cara Merawat Batu Cincin Permata Yang Baik

Batu Akik Naga Sui (Nogo Sui), dipasaran internasional dikenal dengan sebutan Bloodstone sedangkan nama ilmiahnya disebut Heliotrope dan merupakan jenis chalcedony atau merupakan kombinasi cryptocristalline antara kuarsa dan monoclynic polymorph moganite dengan ciri khas warna hijau gelap berbintik merah atau  diklasifikasikan sebagai mikrokristalin kuarsa dengan tingkat kekerasan 6-7 pada skala mohas.

Asal Usul Batu Naga Sui (Bloodstone)
Batu ini ditemukan ditemukan di beberapa negara terbatas di dunia, seperti India, Australia yang selama ini dikenal sebagai negara penghasil batu opal terbesar di dunia, Brazil dan Amerika Serikat. Sedangkan di Indonesia banyak di temukan diperbatasan Banyumas dan Brebes Jawa tengah tepatnya di aliran sungai kaki gunung slamet.
bloodstone-agateNamun banyaknya perburuan batu akik yang terus meningkat membuat persediaan dan penambangan tidak mampu menghasilkan banyak batu sesuai keinginan sehingga persediaannya semakin berkurang yang berefek pada harga yang semakin mahal. Selain karena keunikannya batu ini juga dianggap sebagai batu yang memiliki khasiat alamiayah seperti batu cincin akik pada umumnya.

Secara umum khasiat batu akik dapat mempengaruhi peredaran darah alam tubuh pemakainya yang kemudian secara tidak langsung berefek atau berpengaruh terhadap emosional pemakainya maka, muncul berbagai pendapat tentang khasiat batu cincin akik yang dipercaya sebagai ketenangan, kedamaian, mengurangi stress ada yang menyebutnya bisa berpengaruh buruk jika tidak cocok, misalnya menggunakan batu akik kalimaya dengan dominasi warna tertentu bisa membawa aura panas namun sebaliknya jika pintar memilih warna yang cocok bisa berefek sangat baik dalam kehidupan

Bloodstone dalam Agama, Legenda Dan Mitos
Penggunaan bloodstone atau batu akik darah dalam sejarah kristen memiliki sejarah panjang dn dipercaya sebagian mereka sebagai batu yang berasal dari tetesan darah Yesus saat di salib. Selama masa penyaliban konon darah Yesus menetes dan menudai jasper warna hijau yang ditempatkan dibawah kakiknya.

Darah yang menodai jasper hijau tersebut kemudian melahirkan nama Boodstone dan dikenal sebagai ‘Jasper Darah’ dan merupakan cikal bakal nama batu akik yang ada sekarang berasal dari legenda kristen. Walaupun sebenarnya mitos itu terbilang menyesatkan mengingat blood stone sebanarnya bukan Jasper seperti kebanyakan penamaan terhadap jasper sebagai akik darah

Mitos tentang bloodstone juga dipercaya sebagian masyarakat prancis dan dikenal dengan sebutan Le Shang Du Christ atau darah kristus yang menodai jasper warna hijau sehingga batu ini dianggap batu sakral dan dipercaya sebagai batu bertuah.

Khasiat Batu Akik Darah (Bloodstone)
Pada kebangsaan yunani, Batu naga sui (bloodstone) memiliki nama Heliotrope dan telah dikenal masyarakat pada zamannya sebagai azimat ampuh untuk menangkal sihir dan kekuatan hitam yang bersumber dari iblis. Selain batu ini juga dijadikan simbol kebenaran dan keadilan serta disebut sebagai batunya para pejuang karena banyak digunakan sebagai aksesoris peralatan perang seperti pedang, prisai dan baju saat dalam peperangan.

Baca: 3 Jenis Batu Akik Sulaiman Dipercaya Berkhodam Jadi Incaran

Mereka percaya dengan mengenakan atau membawa potongan batu itu dalam peperangan dipercaya dapat membangkitkan keberanian dan juga sebagai alat penyembuhan, misalnya saat terluka pada saat perang maka dengan menyentuhkan akik darah pada luka dipercaya darah yang keluar dari luka akan berhenti mengalir.

Advertisement
KOMENTAR ANDA