Cara Meditasi dan manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Meditasi merupakan salah satu teknik relaksasi dengan cara melepaskan semua beban pikiran, baik dari hal yang mencemaskan atau menyenangkan.

Aktivitas ini dilakukan dengan mengatur atau mengolah pernafasan, bisa dilakukan dengan cara duduk lalu menarik nafas dalam-dalam, tahan beberapa saat lalu melepaskan secara berlahan.

manfaat meditasi dan cara melakukan

Meditasi atau semadi sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu yang diperaktekkan lewat yoga dan merupakan praktek olah pernafasan yang bertujuan untuk memperoleh ketenangan pikiran.

Dalam Yoga atau juga dikenal pranayama sama halnya dengan meditasi yaitu sebuah aktiviatas yang dilakukan dengan mengenyampingkan semua bebean dalam pikiran dan fokus pada ketengan dan dalam yoga biasanya di ikuti gerakan-gerakan tertentu.

Trlepas dari perbedaan meditasi ataupun yoga, keduannya sama-sama memiliki manfaat untuk memperoleh ketenagan pikiran dan mental sehingga terbebas dari beban yang menghimpit baik yang melibatkan pikiran-pikiran positif atau negatif.

Cara Melakukan Meditasi ( Semadi )
Memusatkan pikiran pada satu titik (konsentrasi), membuang beban yang sekiranya akan datang mengganggu saat melakukan meditasi

1. Duduk bersila, letakkan tangan diatas lutut atau pada bagian paha.
2. Fokuskan pikiran pada satu titik, buang semua beban yang melibatkan pikiran
3. Atur pernafasan dan biarkan berjalan mengalir tanpa beban
4. Setelah mencapai ketenangan, tarik nafas dalam-dalam lalu tahan beberapa detik
5. Kemudian lepaskan secara berlahan-lahan

Meditasi dapat dilakukan dimana pun atau kapan pun dan masuk aktivitas yang biasa dilakukan sebagian orang terutama mereka yang telah merasakan manfaat terhadap kegiatan olah pernafasan ini.

Manfaat Meditasi

1. Dapat Mengurangi Stres
Stres berkepanjangan dapat berakibat buruk bagi kesehatan, pada umumnya disebabkan berbagai masalah yang terasa menghimpit dalam hidup. Melakukan meditasi bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres

2. Mengurangi Perasaan Cemas, Depresi Dan Emosi Negatif
Kecemasan dapat dialami seseorang saat berhadapan dengan situasi tertentu dan membuat seseorang merasa mengalami tekanan sehingga membuat nafas terasa pendek atau sesak. Untuk mengatasi bisa melakukan meditasi atau oleh nafas untuk dapat memperoleh ketenangan.

3. Mengurangi Tekanan Darah Dan Menurunkan Berat Badan
Tekanan darah berlebih atau memiliki berat badan berlebih kurang baik kesehatan tubuh, meditasi bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi berat badan

4. Melancarkan Peredaran Darah
Meditasi yang dilakukan secara rutin membuat peredaran darah dalam tubuh lebih lancar sehingga tubuh akan terasa lebih segar, menurunkan stres sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.

5. Meningkatkan Daya Ingat
Dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Universitas California, bahwa meditasi berfungsi meningkatkan daya ingat sehingga dapat menghasilkan pemikiran cermerlang untuk pencapaian lebih baik dan berarti dalam hidup

6. Menurunkan Berat Badan Dan Tekanan Darah
Kelebihan berat badan biasanya di ikuti dengan meningkatnya tekanan darah terlebih jika tidak di imbangi dengan olahraga teratur.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan meditasi menurut hasil sebuah survei yang dilakukan Consumer Report and the American Psychological Association. Selain itu Meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Disamping beberapa manfaat yang telah disebutkan, masih banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari sebuah aktiviatas mediatasi asal dilakukan secara teratur.

Advertisement
KOMENTAR ANDA