Cara Memandikan Kelinci Putih Agar Bersih

Kelinci Putih adalah salah satu warna bulu kelinci yang paling disukai banyak orang atau para pencinta binatang piaraan karena warnanya yang terlihat bersih dan tidak kotor kebanyakan penghobi lebih memilih kelinci putih ketimbang warna lain seperti warna belang hitam.atau abu-abu.

Kelinci putih biasanya memiliki mata merah bening dan menyala, saat terkena sinar terlebih pada pada malam hari sehingga membuat kelinci terlihat menyenangkan dan lucu sebagai binatang piaraan.

memandikan kelinci putih

Namun bagi peternak kelinci untuk tujuan bisnis warna tidak menjadi masalah karena disamping banyak pembeli yang suka warna putih, kelinci warna lain pun sering menjadi pilihan misalnya warna coklat, putih hitam, coklat putih dan lain-lain.

Saat ini ada banyak jenis kelinci yang dipelihara di Indonesia mulai dari jenis kelinci biasa (lokal) sampai kelinci anggora, polish dll. Sedangkan untuk ukuran, ada berbagai macam ukuran seperti ukuran sedang, kelinci dengan postur tubuh yang tidak terlalu besar, kecil dan ukuran besar.

Meskipun warna putih seringkali menjadi pilihan karena terkesan bersih, warna lain pun bisa menjadi pilihan berdasarkan jenis kelinci misalnya anggora warna hitam kecoklatan juga sering menjadi pilihan sebagai binatang hias.

Bagi penyuka kelinci dengan warna cerah (putih) berikut ini cara membersihkan  merawat agar kelinci selalu tampak bersih :

  1. Siapkan air hangat (tidak terlalu dingin atau panas)
  2. Sampo kelinci bisa menggunakan sampo untuk kucing piaraan bisa dibeli di pet shop
  3. Handuk kecil
  4. Ember ukuran sedang atau besar
  5. Kemudian masukkan kelinci dalam ember berisi air hangat secara berlahan sambil menyiramkan air menggunakan tangan sedikit demi sedikit
  6. setelah cukup badan kelinci cukup basah, oleskan sampo dan mengusapkan secara merata
  7. Patikan air tidak masuk pada hidung, telinga dan mata untuk mencegah kelinci stres
  8. Seetelah dirasa bersih angkat sambil dikeringkan dengan handuk, dengan mengusap mengikuti arah tumbuhnya bulu (kebelakang)
  9. Kemudian lanjutkan menggunakan pengirim rambut (hangat saja)
  10. Jika tidak ada pengering bisa menggunakan sinar matahari atau menjemurnya

Setelah dimandikan biasanya kelinci terlihat stres tampak tak bergairah, tapi jangan khawatir dalam waktu beberapa menit atau setelah bulu agak mulai mengering, biasanya kelinci sudah mulai kembali aktif.

Baca : Kelinci Putih Yang Paling Digemari Sebagai Hewan Piaraan

Langkah selanjutnya siapkan makan bagi kelinci putih anda, agar perut kelinci terisi sehingga dapat mencegah kemungkinan perut kelinci kembung dan masuk angin baik karena stres atau karena kedinginan.

Advertisement
KOMENTAR ANDA