Cara Memasak Sayur Agar Vitamin Dan Nutrisinya Tidak Hilang

Konsumsi sayuran tak hanya sekedar untuk menambah selera makan, tapi karena sayur terbukti sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran memiliki banyak kandungan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas

Namun demikian meskipun sayuran memiliki banyak vitamin, jika salah dalam memasak atau mengolahnya salah dapat menghilangkan nutrisi atau vitamin yang ada didalamnya. Karena itu, ada baiiknya jika memasak sayur mengikuti cara memasak sayuran berikut ini untuk mempertahankan kandungan vitamin yang ada pada sayur.

cara masak sayur

Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan :

1. Pengukusan
Mengukus sayuran biasanya jarang dilakukan, terlebih  jika menginginkan sayuran itu berkuah sehingga kebanyakan langsung direbus berikut bumbu karena dianggap lebih praktis dan tidak perlu repot.

Padahal sayuran yang langsung direbus apalagi jika api tidak diatur biasanya membuat sayur terlalu matang dan berubah warna sehingga nutrisi larut dalam air rebusan. Sebaiknya jika menginginkan sayur berkuah gunakan api kecil atau masukkan sayur yang telah dikukus, pada ar mendidih yang sebelumnya sudah dimasukan bumbu dan cukup sebentar saja.

2. Tumis
Menumis sayuran termasuk salah satu resep membuat sayur paling sering dilakukan selain merebus. Agar vitamin yang terkandung didalamnya tidak hilang pastikan untuk mengatur api kecil lalu menutup wajan dengan rapat untuk memastikan panas menyerap merata sambil sesekali diaduk agar bumbu tetap meresap sehingga sayur bisa matang tanpa harus kehilangan nutrisi yang ada didalamnya.

3. Oven Dan Panggang
Memanggang sayuran diatas api atau menggunakan oven mungkin jarang dilakukan dibandingkan dengan cara merebus dan tumis. Tapi sayuran yang dipanggang akan memberikan cita rasa tersendiri, disamping rasa lezat, sayur kandungan vitamin atau nutrisi pada sayuran tidak larut

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan memasak atau mengelola sayuran agar terlihat segar terutama kandungan nutrisi dan vitamin yang ada didalamnya tidak hilang, sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa jenis sayuran banyak yang memiliki kandungan penting bagi kesehatan seperti sayuran dengan warna hijau kaya akan karotenoid yang berfungsi sebagai Antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

Advertisement
KOMENTAR ANDA