Cara Membersihkan Perhiasan Emas Dan Permata

Tips Perhiasan: Cara membersihkan perhiasan emas dan permata – Emas dan permata merupakan perhiasan utama untuk mempercantik diri guna menambah keanggunan bagi pemakainya terutama kaum wanita. Namun demikian, benda ini juga banyak dikenakan kaum laki-laki dalam berbagai bentuk perhiasan yang pantas untuk dikenakan.

Sepanjang perjalanan hidup manusia kedua benda ini telah ditempakan sebagai benda berharga dan menjadi lambang kemewahan bagi pemiliknya, sehingga hampir semua orang menyukai kedua benda ini, bahkan tidak sedikit yang mendambakan untuk bisa memiliknya sebanyak yang mereka mau.

cara membersihkan perhiasan emas dan permata

Kilau emas dan permata memang telah mampu menyihir banyak orang, karena dianggap sebagai simbol keindahan, keanggunan dan kecantikan bagi pemiliknya. Oleh karena itu, tidak jarang dari mereka yang sangat menginginkan benda seperti itu, rela melakukan apa saja yang penting keinginan bisa terpenuhi dan dapat menikmati indahnya benda itu melekat pada tubuh mereka.

Namun sayang, setelah memiliki perhiasan emas atau permata terkadang kita tidak mampu merawatnya dengan baik sehinga membuat benda yang semula sangat kita idamkan menjadi rusak atau kurang indah karena banyaknya debu yang menembel atau bekas goresan yang menyisakan kotoran pada perhiasan. Sebagian besar pemilik perhiasan mungkin berpikir bahwa sebuah perhiasan emas atau permata yang sudah dibeli tidak perlu perawatan dan akan tetap selalu berkilau.

Baca Juga : Tips Permata: Cara Merawat Batu Cincin Permata Yang Baik

Bagaimana agar perhiasan yang kita miliki tetap selalu berkilau dan tampak terlihat seperti baru? Tentu diperlukan perawatan. Berikut ini cara membersihkan dan merawat perhiasan emas dan permata yang baik dan benar. Tips dibawah ini jika perhiasan emas menggunakan permata yang dilem:

1. Sipakan lap (kain halus), sikat halus dan wadah ( cangkir atau mangkok kecil). Fungsinya sebagai peralatan untuk membersihkan dan pengering, sedangkan mangkok untuk merendam sebelum disikat

2. Perhatikan: Perhiasan emas menggunakan permata yang dilem ada yang bisa terkena air ada juga yang tidak boleh terkena air atau terendam. Sebaiknya pisahkan saja untuk perhiasan yang tidak boleh terkena air memastikan permata tidak longgar terutama saat direndam dengan air hangat atau disikat secara merata dan meyeluruh.

3. Jika menggunakan permata yang dilem: Celupkan lap bersih kedalam air yang sudah bercampur sabun atau larutan cuci piring lalu gosok secara berlahan pada bagian-bagian yang bisa terjangkau dengan kain. Untuk bagian yang susah terjangkau bisa menggunakan sikat dan menyikatnya secara berlahan pada bagian sela-sela batu permata. (Pastikan sikat tidak terlalu basah) setelah itu kembali di lap dan angin-anginkan agar mengering

4. Jika perhiasan permata yang tidak dilem atau tanpa permata bisa langsung masukkan ke dalam mangkok berisi air hangat (bukan air panas) lalu biarkan beberapa menit. Kemudian angkat dan gosok menggunakan lap halus secara berlahan sambil menyikat secara lembut pada bagian-bagian yang tidak terjangkau kain lap. Setelah itu celupkan pada air bersih yang sudah disiapkan sebelumnya.

5. Kemudian keringkan lap dengan cara memeras atau bisa menggunakan kain lain untuk mengeringkan perhiasan yang sudah dibilas.

Agar perhiasan tetap selalu bersih dan berkilau sebaiknya lakukan perawatan secara teratur. Kotoran pada perhiasan seperti cincin atau kalung memang tidak terlihat secara langsung, terlebih perhiasan yang selalu dipakai setiap hari. Namun kotoran yang terus dibiarkan menumpuk, bercampur dengan keringat yang mengandung garam dan zat asam akan membuat membuat perhiasan menjadi buram atau terkorosi

Baca : Batu Cincin Termahal Dan Langka Di Dunia

Perhatian: Membersihkan perhiasan emas dan permata menggunakan zat kimia, sabun atau air hangat sebaiknya berhati-hati terutama untuk jenis permata yang rentan terhadap bahan-bahan kimia. Karena banyak jenis permata yang rentan terhadap bahan-bahan kimia sehingga bisa menyebkan kerusakan.

Advertisement
KOMENTAR ANDA