Cara Membuat Paspor Dan Syarat Yang Diperlukan

Prosedur Pembuatan Paspor – Melakukan perjalanan keluar negeri diperlukan dokumen perjalanan yang disebut ‘Paspor’ dan merupakan dokumen utama yang harus dimiliki semua orang yang hendak bepergian ke luar negeri.

Saat ini membuat paspor sangat mudah dilakuan, selain bisa datang langsung di imigrasi setempat, juga bisa membuatnya secara online lewat internet sehingga tidak perlu membuang banyak waktu untuk datang ke imigrasi kecuali saat pengambilan foto/wawancara dan pengambilan paspor.

cara-membuat-paspor

Bagi anda yang baru pertama kali akan membuat paspor dan belum pernah memiliki paspor sebelumnya, alangkah baik mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan termasuk hal-hal penting yang harus diketahui agar proses pembuatan paspor bisa berjalan dengan lancar dan cepat

APA ITU PASPOR?
Paspor adalah sebuah dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang (pemerintah) dalam sebuah negara bagi seluruh warganya agar dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara di dunia.

Di dalam pospor memuat biodata lengkap pemegangnya meliputi Nama, tempat/tanggal lahir, foto, kebangsaan atau informasi lain yang diperlukan.

Di Indonesia paspor dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan diperuntukkan bagi seluruh warga negara Indonesia agar pemegangnya dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara di dunia. Biasanya dokumen ini berbentuk buku kecil berisi 24 dan 48 halaman

SYARAT-SYARAT MEMBUAT PASPOR

Membuat paspor sangat mudah, karena disamping bisa datang langsung ke imigrasi wilayah setempat, membuat paspor bisa dilakukan secara online melalui jaringan internet, hanya saja dibutuhkan alat untuk akses internet seperti laptop atau smartphone yang terhubung ke internet.

Paspor bisa dimiliki atau bisa dibuat siapa saja (warga negara indonesia) baik yang sudah dewasa atau yang masih bayi (anak-anak). Misalnya jika ingin bepergian ke luar negeri bersama keluarga dan kebetulan ada seorang bayi akan turut serta dalam perjalanan maka diwajibkan memiliki paspor yang sama seperti orang dewasa.

A. Syarat membuat paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI):

1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
2. Kartu Susun Keluarga (KSK)
3. Akta / Ijazah SMP atau SMA / Surat Nikah (Pilih salah satu saja)
4. Paspor Lama untuk Perpanjangan Pembuatan Paspor (yang sudah punya)

B. Syarat membuat paspor untuk bayi atau anak-anak Warga Negara Indonesia (WNI):

1. Kartu Tanda Penduduk/KTP milik Orang Tua yang masih berlaku
2. Kartu Susun Keluarga atau (KSK) milik Orang Tua.
3. Akta Lahir/Ijazah
4. Buku Nikah milik Orang Tua
5. Paspor lama milik Orang Tua (jika punya)

C. Syarat membuat paspor bagi Warga Negera Asing (WNA)

1. KTP yang masih berlaku.
2. KSK Kartu Susun Keluarga
3. Akta Lahir, Buku Nikah.
4. Surat Bukti Kewarganegaraan Indonesia
5. Surat Keterangan Ganti Nama (Jika Ada)

D. Syarat Membuat Paspor untuk Anak Warga Negera Asing (WNA)

1. KTP yang masih berlaku milik orang tua
2. KSK Kartu Susun Keluarga milik orang tua
3. Akta Lahir, Buku Nikah.
4. Surat Bukti Kewarganegaraan Indonesia
5. Surat Keterangan Ganti Nama (Jika Ada)

PROSEDUR PEMBUATAN PASPOR
Proses pembuatan paspor seperti telah disebutkan sebelumnya, jika baru pertama kali akan membuat paspor maka persiapkan hal-hal penting berikut ini :

1. Menyiapkan Syarat-Syarat Pembuatan Paspor
Sebelum mengajukan pembuatan paspor ke imigrasi setempat alangkah baiknya terlebih dahulau mempersiapkan semua kepeluan yang dibutuhkan atau dokumen penting untuk persyaratan seperti KTP, KSK, Akte Kelahiran atau Ijazah dan Surat Nikah jika tidak memiliki Akte.

Persyaratan itu diperlukan untuk pembuatan paspor baik dilakukan langsung ke imigrasi setempat, maupun pengajuan yang dilakukan secara online tetap membutuhkan persyaratan seperti telah disebutkan.

2. Pengajuan Pembuatan Paspor
Setelah semua persyaratan sudah lengkap dan sudah dibuat salinannya maka langkah berikutnya datang ke Kantor Imigrasi setempat untuk melakukan pengajuan. Biasanya kantor imigrasi mulai buka pukul 08.00-16.00 WIB. Agar tidak terlalu mengantri sebaiknya berangkat lebih pagi.

Jangan lupa berpakaian rapi dan sopan sesuai adat yang berlaku di Indonesia, karena ada kemungkinan jika persyaratan telah terpenuhi bisa langsung wawancara dan pengambilan foto paspor sehingga foto yang tertera di paspor nanti akan sesuai dengan keinginan jika telah mempersiapkan pakaian baik atau sesuai keinginan sejak awal.

Membuat paspor datang langsung ke imigrasi maupun mendaftar secara online memiliki persyaratan yang sama, hanya saja perbedaannya jika mendaftar online anda bisa mengisi formulir pendaftaran secara online dan melakukan pembayaran dengan cara transfer lewat Bank.

Jika mendaftar langsung ke imigrasi biasanya petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen yang anda bawa dan langsung mengambil formulir serta nomor antrean sambil menunggu dipanggil alngkah baiknya jika langsung mengisi formulir.

3. Pembayaran Paspor, Pengambilan Foto dan Wawancara
Setelah pemeriksaan dokumen dan semua persyaratan sudah lengkap dan tidak perlu ada perbaikan kemudian akan masuk ke ruangan yang berisi loket pelayanan pembuatan paspor. Di ruangan tersebut dilangsung wawancara dan kemudian pengambilan foto termasuk membayar biaya pembuatan paspor

Tujuan dan pertanyaan wawancara saat pembuatan paspor untuk pengecekan atau validasi data, identifikasi dan domisili. Pertanyaan saat wawancara biasanya seputar tujuan membuat paspor, dalam rangka apa ada harus membuat paspor dan lain-lain.

4. Pengambilan Paspor
Selah peroses pengamilan foto dan wawancara yang biasanya selesai cukup waktu 15 menit sajaada bisa langsung pulang dan kembali beberapa hari berikutnya untuk mengambil paspor yang sudah selesai.

Prosedur pengambilan paspor sama dengan ketika pertama kali datang untuk melakukan pendafataran, anda hari mengambil nomor antrian terlebih dahulu dan tunggu sampai mendapat panggilan.

Baca : Syarat Pembuatan Paspor Baru

Proses pembuatan paspor seperti telah disebutkan diatas bisa anda lakukan sendiri dan langsung datang ke imigrasi setempat. Tapi tidak sedikit juga yang menggunakan menggunakan prusahaan jasa pengurusan paspor karena merasa tidak mau ribet, hanya saja biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih besar.

Jika memiliki waktu luang, sebaiknya  membuat dan mengurus sendiri selain biaya yang harus dikeluarkan lebih murah, juga bisa menjadi pengalaman baru.

Advertisement
KOMENTAR ANDA