Cara Mengatasi Kulit Keriput Dan Kusam

Kulit keriput, kering dan kusam bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya bisa karena faktor usia yang semakin menua atau karena terjadinya kerusakan jaringan kulit sehingga membuat kulit menjadi kusam dan tidak sehat.

Pada umumnya keriput dan menua atau penuaan dini karena akibat terjadinya kerusakan pada kulit dan secara umum atau 90% kerusakan pada kulit disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, UVA atau UVB yang akan membuat kulit kusam (kering) lalu menjadi keriput.

menatasi keriput wajah

Oleh karenanya agar kulit tidak keriput dan tetap sehat diperlukan perawatan agar kulit selalu dalam kondisi lembab sehingga kulit tetap terjaga terlebih jika memiliki banyak aktivitas diluar rumah.

Pada umumnya perubahan atau berkurangnya fungsi sistem jaringan kulit akan terjadi ketika  seseorang berusia diatas 20 tahun ke atas dan secara otomatis pelembab alami kulit akan berkurang

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar kulit tidak keriput atau mengatasi kulit yang sudah terlanjur keriput dengan mudah dan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar, seperti membeli krim mahal atau suntik botok yang selama ini banyak dilakukan kaum hawa:

  1. Masker Putih Telur

Masker ini biasa dibuat sendiri dengan mudah, hanya saja mungkin tidak semua orang percaya dengan khasiat yang akan dihasilkan. Seperti kita tahu kulit sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga kulit tetap sehat diantaranya vitamin E dan D. Pada putih telur terdapat kandungan vitamin B dan vitamin E yang sangat dibutuhkan kulit terutama untuk meremajakan kulit.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Vitamin B berfungsi memberikan perlindungan pada kulit terutama antioksidan yang bersumber dari vitamin B-6 dapat mengatasi kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari yang bisa menjadi penyebab kulit kering dan bersisik.

Beberapa jenis makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin B yang sangat bermanfaat untuk regenerasi kulit diantaranya telur, ayam dan berbagai jenis sayuran seperti bayam, sawi hijau, brokoli buncis dan lain-lain

Cara menggunakan dan membuat masker putih telur cukup sederhana yaitu :

Ambil putih telur secukupnya atau 1 sendok lalu oleskan pada wajah lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit terutama untuk mencerahkan wajah.

Penggunaan minyak zaitun sebagai bahan untuk perawatan kulit sudah dikenal sejak zaman mesir kuno dimana Ratu Cleopatra konon selalu menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan utama untuk mempertahankan kecantikannya.

Cara Menggunakan masker minyak zaitun yaitu:

Ambil minyak zaitun secukupnya lalu bersihkan wajah anda dengan air hangat kemudian minyak zaitun dioleskan pada kulit wajah anda sampai rata, dan biarkan dalam beberapa menit, lalu ratakan dengan handuk. Gunakan cara ini sebelum tidur malam dan paginya anda akan menemukan kulit anda terasa lebih lembut.

  1. Memijat Wajah Dengan Madu

Melakukan pijatan pada kulit wajah akan melancarkan sirkulasi darah pada wajah. Lakukan pemijatan dengan lembut dan berlahan selama beberapa menit. Ketikan   melakukan pemijatan bisa menggunakan lotion atau madu sekaligus berfungsi untuk memberi nutrisi pada kulit wajah

Cara memijat wajah dengan madu yaitu:

Ambil lotin atau madu secukupnya yang sudah diletakkan pada piring kecil bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan madu pada wajah sambil memberi pijatan berlahan pada permukaan wajah hingga beberapa menit setelah itu bersihkan kembali wajah anda.

  1. Air Lemon

Perawatan kecantikan menggunakan bahan alami seperti lemon memang bukan hal baru dalam dunia kecantikan. Lemon dan minyak zaitun sejak zaman dulu sudah biasa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kecantikan.

Kandungana sam pada lemon sangat baik digunakan untuk membersihkan kulit, mengurangi keriput dan mencerahkan kulit wajah.

Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Perawatan Wajah Alami

Cara perawatan wajah menggunakan lemon yaitu:

Ambil satu buah lemon lalu belah menjadi dua bagian, sebaginya belah agak menyamping kemudian oleskan pada wajah. Namun ketika pertama kali menggunakannya biasanya wajah akan terasa sedikit perih terlebih jika di wajah anda terdapat luka bekas jerawat atau bekas luka lain

  1. Pemberian Nutrisi Dari Dalam

Agar perawatan kulit berjalan lebih maksimal sebaiknya lakukan juga perawatan dari dalam.

Saat melakukan perawatan kulit terutama untuk mencegah atau mengatasi keriput pada kulit wajah sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan dan banyak minum air putih. Misalnya makanan yang banyak mengandung vitamin A dan D sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah

Advertisement
KOMENTAR ANDA