Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Efektif

Ketombe adalah serpihan warna putih  yang biasa muncul pada kulit kepala sehingga tampak mengotori rambut, rasa gatal yang ditimbulkan seringkali membuat rambut tidak bisa tertata rapi bahkan tanpa adanya pencegahan cepat akan menimbulkan kerusakan yang lebih serius pada rambut dan kulit kepala.

Selama ini masalah otombe masih dipandang spele, padahal sebenarnya termasuk kondisi medis yang cukup serius dan perlu penanganan cepat untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut pada kulit yang diakibatkan terjadinya  infeksi yang membuat kepala tidak sehat sehingga terjadi pengelupasan pada bagian kulit luar

cara menghilangkan ketombe

Pengelupasan terjadi terhadap sel-sel kulit mati yang disebabkan berbagai hal misalnya kurangnya nutrisi pada kulit yang membuat kulit menjadi kering sehhingga menimbulkan serpihan halus warna putih yang berserakan pada rambut.

Cara pencegahan yang harus dilakukan adalah membuat kulit kembali sehat dengan memberi nutrisi cukup pada bagian kulit kepala :

Lemon : Lemon memiliki khasiat dan manfaat lebih untuk membuat kulit sehat, caranya ambil 1 butir lemon lalu dibelah menjadi dua bagian atau lebih, kemudian dioleskan pada bagian-bagian kulit kepala secara merata, jangan sampai ada bagian yang tidak terkena. Biar beberapa menit biasanya kulit akan terasa gatal setelah itu keramas.

Minyak Kelapa : (virgin coconut oil) sangat bermanfaat untuk perawatan pada kulit kepala. Caranya oleskan minyak kelapa disertai pijatan menyeluruh pada bagian kepala, pastikan dilakukan secara merata lalu bungkus kepala dengan kain sampai benar-benar meresap, setelah itu cuci kepala sampai bersih

Daun Pandan Wangi : Daun pandan biasanya digunakan untuk campuran makanan agar beraroma wangi, tapi juga sangat bermanfaat untuk membasmi ketombe caranya : Ambil 3 atau 7 lembar daun pandan ukuran panjang sedang lalu tumbuk sampai halus atau bisa dengan cara digiling sampai sampai lembut tambahkan sedikit air dan diperas. Kemusian air perasan dioleskan pada kepala sampai merata biarkan meresap lalu bilas.

 Lidah Buaya : Jenis tumbuhan ini tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh kandungan serat yang tinggi membuat lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain tumbuhan dengan daun tebal mengandung jeli ini sangat baik untuk perawatan rambut termasuk membuat kulit kepala sehat. Caranya : Ambil 1 lembar daun lidah buaya potong atau dengan cara membelah untuk diambil bagian dalanya (jeli) lalu oleskan pada kepala secara merata biarkan sampai mengering lalu bilas hingga bersih.

Minyak zaitun & Minyak Almon:kandungan oil pada iminyak zaitun akan membuat kulit kepala terjaga kelembabannya, Caranya : Ambil 2 sendok makan minyak zaitun lalu campurkan 1 sendok minyak almond aduk rata, lalu oleskan minyak tersebut pada kepala hingga merata dan menyerap pada bagian kulit biarkan beberapa menit sampal terasa meresap kemudian bilas.

Baking soda :  Jika selama ini baking soda dikenal sebagai bahan campuran membuat kue, tapi ternyata baking soda punya khasiat dan manfaat lain, diantaranya untuk menghilangkan ketombe bahkan bisa menjadi masker untuk perawatan kulit wajah agar bersih berseri. Caranya : Ambil sedikit saja baking soda lalu campurkan pada sampo untuk dibuat keramas, lakukan secara teratur 2 kali seminggu

Baca : Cara Membuat Rambut Lebih Subur, Panjang Dan Lebat

Tips diatas bisa dipilih salah satu saja, sesuai selera atau menurut anda paling cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala anda untuk mengatasi kotembe membandel , lakukan secara teratur sampai ketombe menghilang.

Advertisement
KOMENTAR ANDA