Efek Samping Sulam Alis Yang Jarang Diketahui

Sulam Alis adalah salah satu metode kecantikan yang belakangan ini banyak digemari kaum hawa agar bisa tampil lebih sempurna. Hanya saja jarang yang mengetahui bahaya sulam alis dan efek samping yang akan timbul dikemudian hari jika menggunakan metode kecantikan instan seperti itu.

Memang banyak wanita yang melakukan hal ekstrem untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan termasuk agar terlihat cantik. Seperti saat ini, banyak praktik kecantikan untuk menyulap tubuh atau wajah mereka agar tampil lebih sempurna secara instan, hanya saja terkadang manfaat yang diperoleh tidak sepadan dengan efek buruk yang harus ditanggung dikemudian hari.

sulam alis

Kebanyakan dari mereka tidak tahu bahwa penerapan metode kecantikan instan seperti yang banyak dilakukan saat ini termasuk diantaranya sulam alis atau sulam bibir sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pewarnaan alis seperti sulam alis dilakukan untuk memiliki alis sesuai keinginan baik warna atau bentuk secara permanen sehingga terlihat lebih indah dan menawan. Namun, metode kecantikan seperti itu sangat tidak dianjurkan karena dalam jangka panjang bisa merugikan kesehatan.

Alasan Umum Menggunakan Sulam Alis
Pada umumnya, sulam alis banyak dilakukan wanita karena alasan sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan, namun membutuhkan penampilan ekstra dengan kecantikan yang harus terus terpelihara. Sehingga banyak memilih cara berdandan permanen ketimbang harus melakukannya setiap saat.

Disamping alasan itu, banyak wanita menggunakan metode sulam alis untuk kecantikan karena diantaranya:
– Agar memiliki alis yang lebih sempurna
– Menghemat banyak waktu ketimbang membuat alis sendiri dengan pensil alis
– Mempertebal bulu alis yang tipis
– Membuat alis menjadi simetris satu sama lain
– Menjadi alternatif mengatasi bulu alis yang selalu rontok sehingga alis terlihat tebal
– Dan lain-lain

Metode kecantikan instan walaupun dinilai aman, dalam jangka waktu tertentu bisa saja berdampak kurang baik terutama jika tidak dilakukan oleh ahlinya atau karena bahan-bahan yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang diperbolehkan dalam dunia kesehatan.

Bahaya Sulam Alis
Seperti disampaikan Konsultan medis, Meetdoctor.com, dr Rahajeng AP, bahwa menyulam alis termasuk sulam bibir, sama dengan men-tatokan tinta ke dalam kulit atau tubuh manusia dan bisa beresiko menimbulkan alergi di kemudian hari karena masuknya benda asing ke dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan

Bahaya yang mungkin terjadi memang tidak bisa dirasakan secara langsung bahkan mungkin bisa bertahun-tahun, seperti munculnya alergi dan radang pada kulit karena pengaruh pigmen pewarna tato yang masuk ke dalam jaringan kulit

Walaupun banyak yang sudah tahu adanya efek samping yang mungkin timbul tidak sedikit dari mereka yang masih nekat menggunakan cara dandan instan seperti itu karena dianggap simpel dan tidak merepotkan harus membentuk alis setiap saat ini.

Cara Kerja Sulam Alis
Sulam alis berbeda dengan tato alis. Metode kecantikan ini dianggap lebih alami dibanding dengan tato alis walaupun keduanya sama-sama menanamkan tinta kedalam jaringan kulit. Banyak dari para wanita terutama pendamba kecantikan menganggap metode ini sebagai pengganti pensil alis yang selama ini banyak digunakan untuk menebalkan alis.

Tato alis yang selama ini dikenal dan juga banyak digunakan sudah mulai ditinggalkan dan berganti dengan istilah baru yang disebut sulam alis karena dinilai lebih alami dan tidak terkesan seram. Bebeda dengan tato, jika kurang ahli menato beresiko membuat wajah terlihat judes terkadang membuat wajah menjadi seram

Sulam alis dianggap sebagai alternatif yang paling mudah dan lebih alami terutama untuk mengoreksi alis sesuai karakter wajah. Selain itu, juga bisa menjadi alternatif make up paling mudah terutama bagi mereka yang tidak pintar berdandan.

Efek Samping Sulam Alis

1. Resiko Granuloma
Pembentukan massa dalam jaringan yang ada di sekitar penanaman pigmen termasuk kemungkinan munculnya keloid ketika make up akan dihapus.

2. Resiko Terkena Penyakit Hepatitis C
Muncul penyakit hepatitis C dikemudian hari disebabkan penggunaan jarum yang tidak steril saat melakukan penanaman tinta ke dalam kulit

3. Pembekakan
Timbulnya pembekakan, radang, rasa nyeri dan rasa terbakar pada area kulit yang ditato.

4. Proses Yang Menyakitkan
Proses pembuatan atau penanaman tinta terasa menyakitkan, namun bagi sebagian yang lain hanya merasa sedikit sakit. Karena biasanya sebelum pelakukan penanaman pigmen terlebih ndahulu diberikan cream anastesi untuk mengurangi raasa sakit

5. Penyakit Kulit
Penyakit kulit bisa saja muncul dalam beberapa bulan atau tahun kemudian setelah proses penyulaman. Hal itu bisa disebabkan alergi karena masuknya benda asing dalam jaringan kulit. Karena itu saat ini banyak yang menawarkan sulam alis dengan tinta pewarna alami (herbal) dan dklaim aman untuk jangka panjang.

6. Terkena Penyakit Menular
Penggunaan jarum atau alat sulam bergantian memungkinkan terjadinya penularan penyakit tertentu. Misalnya jika sebelumnya jarum itu digunakan menyulam alis orang yang menderita penyakit menular seperti AIDS atau penyakit menular lainnya bukan tidak mungkin akan menular pada orang lain.

7. Bekas Luka
Bekas luka bisa muncul dikemudian hari teruatama jika terjadi kesalahan dalam proses penyulaman atau tidak dilakukan oleh ahlinya. Selain itu juga bisa karena kulit terlalu sensitif dan biasa memunculkan keloid pada bekas luka. Jika hal itu terjadi bukan kecantikan yang diperoleh, justru sebaliknya akan membuat wajah kurang sedap dilaihatnya.

Masih banyak efek samping sulam alis lainnya yang bisa saja terjadi, terutama jika tidak dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya, oleh karena itu sebaiknya jika harus memilih cara make up seperti itu sebaiknya datang ke klinik kecantikan yang sudah berpengalaman .

Advertisement
KOMENTAR ANDA