Ekonomi Pas-pasan, Ingin Punya Rumah? Ini Do’anya

Semua orang yang ingin memulai hidup mandiri pasti terlintas dalam pikirannya sebuah kalimat ‘Aku ingin punya rumah’ tapi kapan bisa membeli rumah. Memang untuk bisa membeli atau memiliki rumah sendiri harus punya uang. Agar bisa memiliki uang harus ada penghasilan atau pekerjaan sehingga bisa menyimpan atau menabung agar bisa membeli dan memiliki rumah sendiri.

Rumah memang bukan hanya sebagai tempat berteduh atau berlindung dari hujan dan panas, tapi lebih dari semua itu, yaitu sebagai tempat membina hubungan dekat dengan keluarga dan menjadi aset keluarga, kekayaan bahkan identitas diri keluarga. Orang yang tidak punya rumah terkadang cendrung disepelekan karena dianggap tidak memiliki kemampuan untuk memberikan kenyamanan bagi keluarga.

ingin punya rumah sendiri

Rumah adalah istana bagi kehidupan keluarga bahkan dalam sebuah hadits disebutkan ‘ Rumah adalah surgaku’ artinya bahwa seseorang dapat merasakan kebahagiaan dari rumah atau tempat tinggal dimana sebuah keluarga hidup bersama. Dengan punya rumah sendiri kehidupan keluarga bisa lebih damai dan tidak ada rasa khawatir karena sudah ada tempat berlindung.

Selain itu, rumah juga bisa menjadi harta bernilai tinggi, bukan karena mewah atau besar melainkan karena dengan rumah sendiri seseorang telah mampu memenuhi kebutuhan hidup yang sangat penting. Kebutuhan manusia dibagi menjadi 3 bagian yaitu Primier, Skunder dan Tersier.

KEBUTUHAN POKOK MANUSIA

Kebutuhan primier merupakan kebutuhan dasar hidup atau kebutuhan minimal yang harus dipenuhi agar bisa hidup layak. Tanpa kemampuan memenuhi kebutuhan dasar, sudah dapat dipastiakn kehidupan manusia akan terganggu termasuk dalam kehidupan keluarga. Kebutuhan primier (pokok) bagi manusia adalah kebutuhan ‘Sandang, Pangan Dan Papan.

Sandang adalah pakaian dan merupakan kebutuhan pokok pertama bagi manusia. Berfungsi penting untuk menjaga kesehatan seperti melindungi diri dari dingin, menutup aurat dan sebagainya. Kebutuhan pokok kedua Pangan atau makanan berfungsi agar manusia bisa makan dan bertahan hidup. Ketiga adalah kebutuhan Papan (rumah) dan juga merupakan kebutuhan pokok agar manusia bisa terlindung dari panas, hujan dan lainnya.

Dari ke-3 kebutuhan pokok tersebut yang paling sulit dipenuhi adalah kebutuhan papan (rumah). Bagaimana agar Aku punya rumah sendiri? Pertanyaan seperti itu sering terlintas di benak banyak orang, tapi terkadang kebanyakan dari mereka jarang menjadikan permasalah itu sebagai bahan curhat dengan teman selain urusan cinta atau permasalahn lain.

TIP AGAR PUNYA RUMAH  SENDIRI

Semua orang ingin punya rumah sendiri agar tidak perlu kontrak atau selalu menumpang dengan orang tua. Hanya saja untuk mewujudkannya memang bukan hal mudah terutama bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan besar, gaji bears atau minimal bisa menyisihkan untuk menabung sehingga bisa mewujudkan impian itu.

Untuk bisa memiliki rumah sendiri sebenarnya bukan hal sulit, asal mau saja. Pertama adalah tananamkan kemauan dan keinginan yang kuat dalam hati. Tanpa kemauan, tentu akan sangat sulit bagi mereka yang berpenghasilan rendah untuk mewujudkan impian itu, karena berhubungan dengan uang besar, apalagi saat ini rumah sangat mahal dan akan terus semakin mahal

Jika berpenghasilan kecil, bagaimana bisa beli rumah? makan saja tidak cukup? Jangankan menabung untuk membayar kontrakan saja sering nunggak. Keluh kesah seperti itu umum terlintas dalam hati banyak orang terutama mereka yang berpenghasilan kecil dan pas pasan.

GAJI KECIL TIDAK PELU MENABUNG?

Berbicara urusan menabung, kebanyakan orang berpenghasilan kecil akan berkata “Jangankan menabung memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja tidak cukup” Pertanyaannya adalah kebutuhan yang mana? Kebutuhan makan sehari-hari dan beli susu anak, beli sayuran, tempe, ikan tembang yang murah, tahu, bawang dan cabe? Kenapa semua harus dibeli? Sebenarnya makan sehari-hari kan bisa dengan tahu lalu memasaknya sedemikian rupa agar bisa memenuhi selera makan.

Mengurangi belanja yang tidak penting termasuk strategi hidup hemat. Sedangkan hemat adalah pangkal kaya. Kebanyakan orang memang tidak mau susah dan selalu tergoda untuk meniru gaya orang berada (orang kaya) dan salah satunya karena pengaruh lingkungan.

Adakalanya seseorang tidak bisa hidup hemat, karena tidak bisa menahan keinginan untuk selalu menikmati hidup enak, makan enak, berpakaian yang bagus, padahal semua itu tidak akan meberikan nilai tambah dan tidak ada untungnya. Makan enak, berpakaian bagus yang semuanya dibeli di mall, tidak akan membuat orang susah menjadi kaya, bahkan terkadang bisa dinilai buruk oleh tetangga.

Terkadang banyak orang yang menutupi kesusahannya dengan cara membungkus hidupnya dengan gaya hidup orang kaya, seperti berpakaian bagus, membeli pakaian di mall, tidak belanja kalau bukan di super market, padahal semua itu akan sangat merugikan masa depan diri sendiri

Jadi kamu tidak perlu menabung jika ingin punya rumah, cukup dengan membiasakan diri hidup hemat dan hidup sederhana. Dengan berhemat, penghasilan satu bulan biasanya tidak cukup ‘Bisa Cukup’ karena sudah bisa menahan diri dari keinginan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, sehingga uang akan tersisa dan tidak terpakai. Apa perlu ditabung? Tidak perlu, cukup taruh di dompet saja, karena sudah terbiasa berhemat maka dengan sendirinya akan malas membelajakan uang tersebut.

Setelah mampu mengendalikan diri dari banyak keinginan, kamu tetap harus ber-do’a atau berkomunikasi dengan yang punya rumah yaitu Allah SWT, agar rumah rumah yang diinginkan segera diberikan berikut ini do’anya :

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺭﺏ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﺑﺠﺎﻩ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﺃﻥ ﺗﻴﺴﺮ ﻟﻲ ﺧﻴﺮ ﺑﻴﺖ ﺣﺘﻰ ﻻ ﻧﻘﻮﻝ ﻳﺎ ﻟﻴﺖ

Allahhumma robbal bait. As aluka bijahi ahlil bait. An tuyassiro li khoiro bait. Hatta laa naquul yaa laiit.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau pemilik baitullah Aku memohon dengan wasilah ahlil bait rosulullah Agar Engkau mudahkan untukku sebaik-baiknya rumah, Sehingga aku tidak mengucap seandainya aku punya rumah.”

Pernah terlintas dalam pikiran ‘Aku ingin punya rumah’ Tapi, bagaimana caranya? Ternyata hanya ada satu cara yang baik dan benar-benar bisa dibuktikan, yaitu harus punya keinginan kuat. Jika masih menganggur, tentu harus bekerja apapun pekerjaan itu agar ada memasukan, harian atau bulanan, berapa pun penghasilan itu tidak masalah. Kemudian terapkan hidup hemat dan jadikan kebiasaan karena ‘hemat pangkal kaya’ teringat kembali kalimat masa sekolah SD yang selama ini dianggap kurang bermakna.

Dalam Alqur’an dan hadits banyak disebutkan pentingnya hidup hemat, tidak berprilaku boros atau berlebih-lebihan, mulai dari cara berpakain atau memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Cukup lakukan hal-hal sederhana dan tinggalkan hal yang tidak penting atau mendesak, seperti berhenti dari kebiasaan makan di luar, merokok, atau berhenti dari kebiasan minum teh kalau bisa minum air putih hangat, berhenti dari kebiasaaan naik becak kalau perjalanan bisa ditempuh hanya lima menit dengan berjalan kaki, atau lakukan semua hal yang bisa menunjang keberhasilan kamu untuk ‘berhemat’. Setelah semua bisa dilakukan lalu bermimpi lah ‘Aku ingin punya rumah sendiri’ Insyaallah tidak akan butuh waktu lama keinginan akan menjadi kenyataan.

Advertisement
KOMENTAR ANDA