Ini Awal “Mannequin Challenge” Yang Bikin Heboh Dunia

Satu lagi tantangan baru, dan tengah menjadi tren di seluruh dunia. Tantangan yang telah dilakukan banyak kalangan itu disebut Mannequin challenge, yaitu sebuah tantangan atau aksi mematung seperti manekin. Tantangan serupa pernah ngetren 2 tahun lalu yang disebut Ice Bucket Challenge dan juga dilakukan banyak kalangan di berbagai negara. Mulai dari artis sampai orang-orang beken seperti Bill Gate juga ikut melakukan tantangan itu

Berbeda Mannequin challenge dengan Aksi Ice Bucke Challenge (tantangan menyiram air es ke kepala) yang waktu itu dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit sklerosis lateral amiotrofik (ALS) dan mendorong sumbangan untuk penelitian penyakit tersebut.

mannequin-challenge

Sedangkan Mannequin challenge hanya sebagai hiburan saja. Namun munculnya video Mannequin challenge yang mulanya hanya iseng itu, kini tengah menjadi tren di seluruh duania dan telah dilakukan banyak orang. Bahkan video aksi mematung itu bisa ditemukan dengan mudah di situs berbagi video youtube. Tak kurang 1.2 juta video telah diunggah di situs tersebut.

Anda pun juga melakukannya dan membangikannya ke semua orang di dunia. Konsep pembuatan video Mannequin challenge sebenarnya mudah saja. Kamu tinggal memanggil teman-teman kamu, lalu suruh melakukan pose mematung (diam seperti patung) dalam waktu beberapa detik atau menit lalu ungguh di youtube. Ketika melakukan pose mematung biasanya merujuk pada kegiatan tertentu, misalnya sedang menunjuk atau sedang menari. Oh ya jangan lupa kamu juga bisa mengiringi dengan lagu sesuai yang kamu suka.

Asal Usul Video Mannequin challenge Hingga Menjadi Tren

Video Mannequin challenge pertama kali muncul dari keisengan Jasmine Cavins dan teman-temannya disebuah sekolah  di Edward H White High School, Florida, Amerika Serikat. Saat itu, di ruang kelas seorang murid bernama Emili maju ke depan tiba-tiba dia mematung. Kemudian tingkah Emili itu dilihat temannya bernama Alaynah dan menegurnya

“Hei, kau seperti maneken,” kata Alaynah yang dicontohkan Cavins, seperti dilaporkan ABCNews dan dikutip dari KompasTekno, Selasa (22/11/2016).

Kemudian 2 teman lainnya Jasmine Cavins dan Breonna juga maju ke depan dan melakukan hal sama seperti Emili, mematung. Melihat keisengan ke dua temannya itu seorang teman Cavins bernama Deryk kepikiran untuk membuat keisengan temannya itu sebagai tantangan. Akhirnya jadilah tantangan baru bernama Mannequin challenge (tantangan mematung)

Sejak saat itu menurut Cavins ia mulai merekam membuat video dengan pose-pose aneh bersama teman-temannya dan mengunggahnya di akun twitternya pada 27 Oktober lalu. Video yang awalnya hanya iseng itu di-retweet lebih dari 4.000 kali dengan love berjumlah sama. Aksi Mannequin challenge yang awalnya di gagas Cavins itu menjadi tren di seluruh dunia.

Bahkan nama-nama beken dan populer seperti First Lady Michelle Obama, Hillary Clinton, penyanyi Adele, komedian dan pembawa acara Carpool Karaoke James Corden, personel The Beatles Paul McCartney, pembawa acara talkshow Elle DeGeneres hingga pemain bola sekelas Cristiano Ronaldo, juga melakukan Mannequin challenge besutan Cavins bersama teman-temannya

Beberapa artis ternama Indonesia seperti Raffi Ahmad, Aming juga melakukannya. Tak mau ketinggalan Kepolisian Brebes juga mengunggah video Mannequin challenge yang telah dibuatnya, Di bawah ini videonya :

Aksi Mannequin Challenge yang saat ini tengah ramai dilakukan banyak orang, sebenarnya pernah dilakukan seorang artis penyanyi Indonesia jauh sebelum tantangan mematung ini muncul. Aktris itu adalah Desy Ratnasari. Hal itu pernah dilakukan Desy ketika melantunkan lagu ‘Tenda Biru’. Dalam video klipnya ia berputar-putar mengelilingi para undangan yang menjadi tokoh dalam cerita lagu itu.

Baca : Ini Ternyata Rahasia Sulap Melayang Di Udara

Hanya saja, jika Mannequin Challenge ala Desy Ratnasari itu tidak viral mungkin karena berbeda keadaan. Tapi yang jelas Mannequin Challenge telah menjadi hiburan baru sekaligus menjadi sebuah cara mengekspresikan diri agar semua orang tahu, maka, segera buat videonya dan unggah ke situs berbagi video seperti yang telah dilakukan banyak orang saat ini.

Advertisement
KOMENTAR ANDA