Jenis Dan Macam-Macam Ikan Cupang

Ikan cupang terdiri dari banyak jenis dan memiliki warna bermacam-macam dengan beraneka ragam warna menarik, sehingga ikan ini disukai banyak orang dan dijadikan sebagai ikan hias dalam aquarium. Ikan cupang termasuk jenis ikan yang memiliki kemampuan hidup lebih lama dan tahan terhadap kondisi lingkungan berbeda. Misalnya ikan ini bisa hidup dalam air volume sedikit tanpa lat bantu sirkulasi udara.

Pada umumnya ikan hias yang dipelihara dalam aquarium membutuhkan sirkulasi udara yang berfungsi sebagai pernafasan, tapi ikan cupang, bisa bertahan hidup dalam wadah yang kecil tanpa bantuan gelembung udara buatan. Hanya saja untuk perawatan seperti ini tidak dianjurkan, disamping ada kemungkinan mati juga pertumbuhan ikan tidak akan maksimal dan membuat ikan menjadi lemah.

ikan cupang

Merwat atau memelihara ikan cupang atau jenis ikan hias lainnya, sudah seharusnya memakai kaidah pemeliharaan yang baik sehingga kondisi lingkungan tempat ikan hidup mendekati habitat aslinya dialam bebas dengan demikian akan membuat ikan lebih sehat.

Baca: Ikan Hias: Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Berdasarkan fungsinya ikan cupang dibagi menjadi 3 jenis yaitu
– Ikan Cupang Hias
– Ikan Cupang lomba/petarung
– Ikan Cupang liar

1. Ikan Cupang Hias
Ikan cupang biasanya dipelihara karena tampilannya yang sangat indah dan menawan sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan dan ditempatkan dalam aquarium cukup besar dengan alat bantu yang cukup untuk menjaga kesehatan ikan sehingga ikan tampak sehat, gesit dan warna juga akan terlihat semakin indah.

Berikut ini beberapa jenis dan macam-macam ikan cupang, baik berdasarkan warna bentuk dan namanya, diantaranya:

1. Ikan Cupang Serit 11. Red Dragon Plakat
2. Cupang Pelakat 12. Blue Sea Plakat
3. Double Tail 13. Red Serif
4. Halfmoon 14. Plakat Naga Merah
5. Gian 15. Serif Hitam
6. Blue Combo Tail 16. Blue Halfmoon
7. Blue Gold Plakat 17. Red Shadow Halfmoon
8. Double Tail Betta 18. Blue Sea Halfmoon
9. Red Milk Halfmoon 19. Gold Plakat
10. Beta Cambodian 20.

2. Ikan Cupang Petarung
Ikan cupang jenis ini biasanya dipelihara untuk dilombakan dengan ciri fisik ramping, pada bagian pinggang kebawah terlihat mencekung, sisik kecil dengan bentuk kepala mirip ikan arwana dan bibir agak tepal. Jenis ikan ini biasanya tampil ramah tapi saat ketemu ikan lain biasanya bersikap agresif.

3. Ikan cupang Liar
Ikan cupang liar hidup dialam bebes dan habitatnya dirawa-rawa. Pada umumnya ikan ini tidak banyak dipelihara, kebanyakan penghobi lebih menyukai ikan cupang hasil silang dengan berbagai jenis cupang sehingga menghasilkan cupang yang baru dengan karakteristik berbeda sesuai habitat aslinya.

Advertisement
KOMENTAR ANDA