Jumlah Provinsi Di Indonesia

Jumlah Provinsi di Indonesia – Indonesia merupakan negara kesatuan dan terdiri dari ribuan pulau atau kurang lebih mencapai 17.508 pulau tersebar di berbagai wilayah provinsi di Indonesia sehingga Indonesia sering disebut juga dengan sebutan negara kepulauan.

Jumlah provinsi di Indonesia ada 34 Provinsi pada 2016 dengan beragam budaya, suku, bahasa dan tradisi berbeda di masing-masing provinsi. Sedangkan luas negara Indonesia kurang lebih 5.193.250 km meliputi lautan dan daratan dengan jumlah suku mencapai 1.340 suku dan 748 bahasa

jumlah provinsi di indonesia

Beberapa pendapat menyebut bahwa jumlah provinsi di Indonesia ada 35 provinsi dengan memasukan Teluk cendrawasih sebagai provinsi terakhir. Mungkin pendapat itu mengacu pada tulisan yang pernah dimuat di website kemendagri pada 12 Desember 2012 lalu dengan judul “Hari ini, Provinsi Teluk Cenderawasih di deklarasikan” berkaitan dengan pemekaran Provinsi Teluk Cenderawasih.

Namun sampai saat ini jumlah provinsi di Indonesia masih berjumlah 34 provinsi seperti  yang tertulis di laman website kemendagri. Berikut ini

Daftar Nama Dan Jumlah Provinsi Di Indonesia 2016 :

NO PROVINSI : SINGKAT : IBU KOTA : PULAU
1 DKI Jakarta : : Jakarta : Jawa
2 Jawa Barat : Jabar : Bandung : —,,—
3 Jawa Tengah : Jateng : Semarang : —,,—
4 Jawa Timur : Jatim : Surabaya : —,,—
5 Banten : : Serang : —,,—
6 Yogyakarta : DIY : Yaogyakarta : —,,—
7 Aceh : : Banda Aceh : Sumatera
8 Bengkulu : : Bengkulu : —,,—
9 Jambi : : Jambi : —,,—
10 Kep. Bangka Belitung : Babel : Pangkal Pinang : —,,—
11 Kep. Riau : : Tanjung Png : —,,—
12 Lampung : : Bandar Lpg : —,,—
13 Riau : : Pekan Baru : —,,—
14 Sumatera Barat : Sumbar : Padang : —,,—
15 Sumatera Selatan : Sumsel : Palembang : —,,—
16 Sumatera Utara : Sumut : Medan : —,,—
17 Bali : : Denpasar : Nusa Tenggara
18 Nusa T. Barat : NTB : Mataram : —,,—
19 Nusa T. Timur : NTB : Kupang : —,,—
20 Gorontalo : : Gorontalo : Sulawesi
21 Sulawesi Barat : Sulbar : Mamuju : —,,—
22 Selawesi Selatan : Sulsel : Makassar : —,,—
23 Sulawesi Tengah : Sulteng : Palu : —,,—
24 Sulawesi Tenggara : Sultra : Kendari : —,,—
25 Sulawesi Utara : Sulut : Manado : —,,—
26 Kalimantan Barat : Kalbar : Pontianak : Kalimantan
27 Kalimantan Selatan : Kalsel : Banjarmasin : —,,—
28 Kalimantan Tengah : Kalteng : Palangkaraya : —,,—
29 Kalimantan Timur : Kaltim : Samarinda : —,,—
30 Kalimantan Utara : Kaltara : Tanjung Selor : —,,—
31 Maluku : : Ambon : Kep.Maluku
32 Maluku Utara : Malut : Ternate : —,,—
33 Papua : : JayaPura : Papua
34 Papua Barat : : Manokwari : —,,—

Pada awal kemerdekaan RI, jumlah provinsi di Indonesia Cuma ada 8 prvinsi atau bertambah 26 provinsi dalam kurun waktu selama 71 tahun sampai saat ini tahun 2016. Pada tahun 1950, Soekarno melakukan pemekaran pertama menjadi 11 provinsi, berikutnya tahun 1956 menjadi 13 provinsi dan seterusnya. Pemekaran terakhir dilakukan pada tahun 1967 dengan jumlah provinsi mencapai 25 provinsi.

Pada tahun 1968 di masa pemerintahan Soeharto kembali dilakukan pemekaran dan bertambah menjadi 26 provinsi. Kemudian yang terakhir pada tahun 1976 menjadi 27 provinsi. Pada tahun 1998 Soeharto turun tahta dan digantikan wakilnya Habibie.

Dibawah pemerintahan habibie, provinsi yang tadinya berjumlah 27 provinsi berkurang satu menjadi 26 provinsi setelah Timor timur memisahkan diri dari NKRI, namun pada tahun 1999 kembali ada pemekaran 3 provinsi sehingga menjadi 29 provinsi. Pada tahun 2000 dibawah pemerintahan Abdurrahman Wahid, pemekaran kembali dilakukan dan menjadi 32 provinsi.

Pada pemerintahan Megawati bertambah satu provinsi menjadi 33 provinsi, selanjutnya di masa pmerintahan Susilo Bambang Yudoyono pemekaran kembali dilakukan yaitu Kalimantan Timur dipecah menjadi Provinsi Kalimantan Utara dan menjadi provinsi ke 34 sampai saat ini. Jadi, keseluruhan jumlah provinsi di Indonesia sampai pada tahun 2016 ada 34 provinsi.

Baca : Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim, Ini Alasannya

Kemungkinan jumlah propinsi di Indonesia masih akan terus bertambah seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia. Baru-baru ini madura juga telah mendeklarasikan diri untuk menjadi provinsi, hanya saja berhubung tidak memenuhi syarat maka pemerintah pusat belum menyetujui terbentuknya provinsi madura, sehingga Jumlah Provinsi Di Indonesia Tahun 2016 ini masih berjumlah 34 provinsi.

Advertisement
KOMENTAR ANDA