Keajaiban Sedekah

Sedekah yang dilakukan secara ikhlas dan tulus akan mendatangkan keajaiban yang luar biasa, baik kejaiban di dunia maupun di akhirat. Beberapa keajaiban sedekah yang bisa diperoleh diantaranya kemudahan dalam urusan dunia terutama kemudahan untuk memperoleh rezeki serta kedamaian dan ketentraman hati

Banyak kisah tentang keajaiban-keajaiban sedekah, dimana sebagian mereka mengaku mendapatkan banyak keuntungan yang bisa langsung mereka nikmati di dunia seperti berlimpahnya rezeki yang mereka dapatkan setelah bersedekah atau menginfakkan sebagian hartanya. Hal terpenting yang perlu dilakukan saat bersedekah adalah keikhlasan dan ketulusan hati, tanpa sedikitpun harapan selain berharap ridha Allah SWT.

arti_sedekah

Berikut ini adalah kisah seputar keajaiban sedekah yang pernah di alami beberapa orang dan sekaligus sebagai pembuktian bahwa sedekah memiliki manfaat yang sangat besar diantaranya :

1. Sembuh dari penyakit
Sedekah dapat menyembuhkan penyakit, namun masih banyak orang yang masih ragu akan kebenaran itu kecuali diiringi dengan rasa iman kepala Allah SWT dan Rasulnya, karena ada banyak dalil tentang hal itu diantaranya:

Dalam sebuah hadits disebutkan :

shodaqoh2

A. Sembuh Dari Sakit Tenggorokan
Sebuah kisah seorang bapak yang kebinungan putrinya menderita penyakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh. Cerita ini disampaikan Syaikh Sulaiman Al-Mufarraj :
Suatu ketika seorang bapak mendatanginya dan bercerita bahwa putrinya menderita sakit tenggoraokan yang tidak sem buh-sembuh, padahal sudah banyak dokter didatangi untuk bisa mengobati putrinya, namun tidak ada satupun yang membawa manfaat, bahkan penyakitnya semakin parah. Bahkan ia dan keluarganya hampir ikuta-ikutan sakit lantaran tidak bisa tidur memikirkan penyakit putrinya setelah berbagai cara ditempuhnya.

Ditengah kebingungan kemudian ada seorang sholeh yang menghubunginya dan mengatakan akan sebuah hadits untuk bersedekah guna menyembuhkan penyakit, tapi bapak itu mengatakan bahwa selama ini dirinya sudah banyak bersedekah.

Namun si orang shaleh tadi mengatakan agar berdekah lagi dengan niat agar putrinya bisa disembuhkan dari sakitnya dan ia pun bersedekah. Waktu pun berlalu namun sang putri tidak ada tanda-tanda akan sembuh. Lalu ia mendatangi orang shaleh tersebut dan mengatakan bahwa sedekah yang dikeluarkan tidak membawa hasil sesuai keinginan. Lalu orang shaleh itu kembali mengatakan bersedekahlah lebih banyak sesuai dengan hartamu yang banyak.
Demi kesembuhan putrinya si Bapak kembali mengeluarkan hartanya (sedekah) dengan lebih banyak berupa beras memenuhi mobil miliknya, seperti kebutuhan hidup lainya dan memberikannya pada orang-orang yang berhak sehingga orang-orang yang menerimanya merasa senang dan terbantu. Beberapa waktu kemudian hasil mulai nampak dimana sakit yang dialami sang putri mulai terlihat makin membaik dan akhirnya sembuh.
B. Sembuh Dari Penyakit Kanker
Ada seorang laki-laki yang menderita penyakit kanker dan sudah berobat ke berbagai rumah sakit, bahkan banyak rumah sakit terkenal yang sudah di datangi, termasuk datang ke rumah sakit di beberapa negara di dunia namun penyakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh.
Sampai pada suatu ketika ia memiliki kesadaran untuk menginfakan hartanya pada anak yatim. Alhasil, dengan izin Allah SWT penyakit kanker ang dideritanya berangsur-angsur sembuh sampai akhirnya benar-benar sembuh

2. Panjang Umur
Pada suatu hari seorang anak muda datang pada nabi Ibrahim dan memberitahu perihal rencananya akan menikah pada esok pagi. Lalu kemudian datang malaikat maut dan bertanya pada nabi Ibrahim tentang anak muda tersebut

“Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim?” Tanya malaikat maut.

“Itu sahabat sekaligus muridku.” Jawab Ibrahim

Lalu malaikat maut kembali bertanya pada nabi Ibrahim perihal maksud kedatangan pemuda tersebut. Nabi Ibrahim menjelaskan bahwa kedatangan pemuda itu menyampaikan rencana pernikahannya esok pagi. Namun tiba-tiba malaikat maut mengatakan

“Wahai Ibrahim, sayang sekali, umur anak itu tidak akan sampai besok pagi.” Kata ma;aikat maut sambil meninggalkan nabi Ibrahim
Mendengar penjelasan malaikat maut seperti itu, nabi ibrahim hampir beranjak untuk memberi tahu anak muda tersebut, agar pernikahan dilangsungkan segera dan sekaligus memberi tahu akan kematiannya. Namun Ibrahim memilih untuk tidak menyampaikan hal tersebut dan membiarkan kematian tetap menjadi rahasia Allah SWT

Namun, pada ke esokan harinya nabi Ibrahim dibuat bingung, atas penjelasan malaikat maut tadi malam, karena ternyata anak muda itu masih hidup bahkan masih bisa melangsungkan pernikahannya sesuai rencana.

Hari, bulan dan tahun pun berganti tanpa terasa 70 tahun sudah berlalu dan anak muda itu pun juga masih hidup, sampai pada suatu ketika nabi Ibrahim kembali bertemu malaikat maut dan bertanya perihal penjelasannya bahwa anak muda yang pernah mendatangi dirinya akan meninggal besok pagi sebelum melangsungkan pernikahan. Tapi kenyataannya pemuda itu masih hidup bahkan usianya mencapai 70 tahun, Apa malaikat maut berbohong ?

Mendengar pertanyaan tersebut malaikat maut mengatakan bahwa dirinya memang akan mencabut nyawa anak muda tersebut pada malam itu namun, Allah SWT menahannya.

“ Kenapa Allah menahan tangan mu?” tanya ibrahim

Kemudian ia menjelaskan, bahwa pada malam menjelang pernikahan, anak muda itu telah mengifakkan setengah dari kekayaannya untuk fakir miskin, sehingga Allah memutuskan menunda kematiannya sampai 70 tahun.

Dari kisah tersebut dapat disimpulkan bahwa sedekah memiliki kejaiban yang sangat luar biasa termasuk bisa memperpanjang umur jika Allah menghendaki.

2. Mendapatkan Naungan Di Akhirat
Bagi orang yang gemar bersedekah secara sembunyi-sembunyi atau menginfakkan sebagian hartanya bagi fakir miskin atau bagi orang-orang yang membutuhkan akan masuk pada 7 golongan yang akan mendapatkan naungan di akhirat nanti, dimana pada saat itu tidak ada naungan selain dari Allah SWT.
Rasulullah SAW bersabda, salah satu golongan manusia yang mendapatkan naungan adalah:

shodaqoh

3. Sedekah Dapat Melipat Gandakan Kekayaan
Memang tidak semua orang percaya dan yakin jika bersedekah mampu melipat gandakan kekeyaan. Namun bagi mereka yang benar-benar beriman mereka akan percaya bahwa sedekah yang dilakukan dengan ikhlas bisa mendatangkan banyak balasan dari Allah SWT termasuk bisa mendatangkan rezeki dengan mudah.

Dalam sebuah hadits Rasulullah disebutkan bahwa :

“Barangsiapa menafkahkan hartanya di jalan Allah maka Allah akan dilipatgandakan pahalanya menjadi 700 kali lipat.” (HR. Tirmidzi

Gemar bersedekah juga akan membuat rezeki atau harta menjadi berkah dan tidak mudah habis serta terhindar dari hal-hal yang akan membuat harta keluar tanpa ada manfaat.

Advertisement
KOMENTAR ANDA