Kelinci Putih Yang Paling Digemari Sebagai Hewan Piaraan

Kelinci putih salah satu jenis atau warna kelinci yang banyak diminati sebagai hewan hias, karena warna putih identik dengan kebersihan, lembut, resik dan terawat. Disamping itu kelinci putih memiliki tampilan eksotis dengan mata terang seperti warna merah menyala, hitam pekat atau biru tergantung jenis kelinci sehingga terlihat sangat menarik.

Selama ini kelinci lebih dikenal sebagai binatang untuk kebutuhan konsumsi namun belakangan banyak orang memeliharanya tidak hanya sekedar untuk dimakan dan diambil dagingnya tapi juga sebagai binatang hias yang menyenangkan.

Kelinci mempunyai banyak jenis, sama halnya dengan kucing yang selama populer sebagai binatang piaraan yang banyak digemari. Sesuai jenisnya kelinci memiliki banyak corak warna serta ukuran berbeda mulai dari ukuran kecil dengan berat 1 kg sampai 14 kg/ekor.

Beberapa jenis kelinci yang banyak dipelihara di Indonesia seperti jenis Anggora. Kelinci ini umumnya dipelihara sebagai kelinci hias dan di beberapa negara seperti Prancis yang dikenal sebagai peternakan kelinci terbesar, kelinci dapat menghasilkan wool untuk bahan pakaian dan lain-lain.

Semua jenis kelinci memiliki warna beragam seperti ciklat hitam, hitam putih, coklat kekuningan termasuk warna putih polos. Salah satu jenis kelinci untuk hewan hias yang digemari pencinta hewan piaraan diantaranya :

kelinci  anggora putih1. Jenis Anggora Putih
Jenis kelinci ini memiliki ciri khas bulu tebal dengan ukuran kecil sedang dan besar dengan banyak warna pilihan seperti hitam atau abu-abu agak kehitaman, coklat, pearl dll. Sedangkan yang umum di pelihara di Indonesia adalah jenis anggora inggris, giant dan prancis.

Dari ketiga jenis anggora ini mempunyai ciri khas masing-masing. Misalnya jenis anggora inggris mempunyai ciri bulu tebal dengan  postur tubuh tidak terlalu besar (kecil) dengan warna bulu beragam termasuk warna putih.

Kelinci anggora Pranci memiliki bulu tidak terlalu tebal atau lebih tipis dibandingkan anggora Inggris terutma pada bagain kaki dengan ukuran lebih besar di bandingkan anggora Inggris tapi ebih keci dibandingkan Anggora Giant yang bisa mencapai berat hingga 10 kilo gram

kelinci himalayan putih2. Kelinci Himalayan
Kelinci ini sering juga disebut kelinci china atau Rusia dan paling banyak dicari dan digemari karena tampilannya yang menarik dengan mata warna merah muda atau pink.

Warna bulu putih kombinasi hitam atau coklat, warna agak kebiruan pada bagian mulut, hidung, kaki dan telinga sehingga jenis kelinci ini memiliki  daya trik tersendiri untuk dijadikan kelinci hias.

Berat badan kelinci Himalayan cukup ringan dengan postur kecil atau dengan berat sekitar 1 kg setelah mengalami banyak persilangan, tapi pada dasarnya kelinci ini mempunyai berat rata-rata 2 – 4 kg.

kelinci putih asal belanda3. Kelinci Netherland Dwarf
Kelinci jenis ini seringkali disebut kelinci ras kerdil karena ukuran tubunya yang munngil seperti marmut membuat kelinci ini sering dicari sebagai hewan hias. Netherland Dwarf memiliki banyak warna setelah mengalami berbagai penyilangan dengan jenis lain namun paling digemari warna putih bersih dengan ciri khas warna mata merah

Asal usul kelinci ini dari belanda dan sering juga disebut lost neck rabbit karena tubuhnya yang pendek dengan daun telinga kecil, berat badan untuk dewasa pada umumnya kurang dari 1 kg.

Kelinci ini dikembangkan sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1940 oleh J. Meijerig dan C. W. Calcar, kemudian menyebar keberbagai negara sebagai hewan hias termasuk di Indonesia.

kelinci polish putih4. Kelinci Polish
Kelinci jenis polish spintas terlihat mirip dengan kelinci Netherland dengan ciri telinga tegak dan tubuh mungil. Bulunya tipis dan halus dengan mata biru, tapi ada juga bermata dengan warna merah delima dan hitam

Perbedaan yang bisa dilihat pada kelinci polish memiliki kepala lebih bulat. Untuk warna bulu bervariasi namun sebagai binatang hias kebanyakan penggemar tidak pernah melewatkan warna putih sebagai pilihan .

Ukuran tubuh sedikit lebih besar dibandingkan dengan kelinci Netherland yang rata berukuran dibawah 1 kg/ekor.

Sebenarnya ada banyak pilihan kelinci putih dari jenis lain yang menarik dan bisa menjadi pilihan, tapi setidaknya dari beberapa jenis diatas dapat dijadikan gambaran jenis kelinci apa yang bisa menjadi pilihan sesuai selera. Jika anda menyukai kelinci dengan bulu warna putih, sebaiknya rajin memandikan kelinci anda agar kebersihannya selalu terjaga.

Jenis kelinci seperti yang telah disebutkan atau jenis lainnya sudah banyak diternak baik oleh penghobi maupun peternak  sehingga untuk memiliki jenis kelinci hias sesuai selera dapat dengan mudah ditemukan dipasaran.

Advertisement
KOMENTAR ANDA