Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim, Ini Alasannya

Pengertian Maritim adalah sebuah wilayah yang berhubungan dengan laut atau pelayaran. Negara maritim adalah negara yang memiliki wilayah lautan atau negara yang berada dikawasan teritorial laut yang sangat luas dan memiliki banyak pulau. Indonesia disebut negara maritim karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas lautan kurang lebih 3.273.810 km² atau sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan.

Selain dikenal dengan sebutan negara maritim Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak dan terluas di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.508 pulau. Semua pulau-pulau itu tersebar di berbagai wilayah Indonesia mulai dari sabang (ujung barat) sampai Merauke (ujung timur).

Indonesia disebut negara maritim

Baca: Makna Pancasila Dalam Lima Sila

Secara geografis Indonesia masuk dalam kategori negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar dibandingkan luas daratan dengan panjang garis pantai pada setiap pulau ± 81.000 km sehingga menjadikan Indonesia masuk dalam urutan kedua setelah Kanada sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Disamping dikenal dengan sebutan negara kepulauan, Indonesia dikenal pula dengan istilah ‘Nusantara’ yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan wilayah kepulauan. Kata Nusantara berasal dari bahasa sansekerta “Nusa” yang memiliki arti Pulau dan kata “Antara” yang berarti luar.

Istilah itu awalnya digunakan untuk menyebut pulau-pulau yang berada di luar kawasan Kerajaan majapahit walaupun tidak termasuk pengaruh budaya Jawa kerajaan, namun diklaim sebagai wilayah taklukan kerajaan majapahit kala itu.

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah laut terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros martitim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuah negara.

Hal itu seperti disampaikan Alfred Thayer Mahan, ia adalah Perwira Tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat, menyebutkan dalam bukunya ‘The Influence of Sea Power upon History’ Bahwa jika kekuatan laut itu bisa diberdayakan dengan baik akan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemanan suatu begara begitu juga sebaliknya jika diabaikan maka akan merugikan bahkan bisa meruntuhkan negara itu sendiri. Demikian penjelasan singkat tentang Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim atau negara kepulauan dengan 2/3 luas lautan lebih besar dibandingkan luas daratan

Advertisement
KOMENTAR ANDA