Khasiat Dan Bahaya Telur Ayam Kampung Mentah

Sejak dulu, telur ayam kampung dipercaya memiliki khasiat obat terutama jika di makan mentah dan membuang putihnya. Caranya pecahkan kulit telur lalu ambil kuningnya saja, kemudian untuk mengknsumsinya bisa langsung ditelan atau bisa dicampur dengan bahan-bahan alami yang mengandung obat atau ramuan tradisional lainnya

Banyak masyarakat percaya bahwa telur ayam kampung mentah dapat mengobati berbagai keluhan penyakit diantaranya mengobati radang tenggorokan, panas dalam, jantung, sakit perut, batuk, paru-paru, ginjal, kanker dan lain-lain. Sebagai obat biasanya kuning telur dicampur dengan bahan-bahan lain seperti merica, madu, bubuk kopi, air perasan kunyit dan lain-lain atau sesuai kebutuhan penyakit yang hendak diobati

telur ayam kampung

Mencampur telur ayam kampung dengan madu atau merica dipercaya dapat meningkatkan tenaga dan stamina. Untuk mengobati panas dalam atau radang telur yang sudah dibuang putihnya dicampur dengan perasan kunyit, ditambah madu lalu diminum.

Konsumsi telur ayam mentah sebagai sudah dilakukan masyarakat sejak lama, bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang biasa makan telur mentah atau terkadang di olah setengan matang. Bagi mereka yang sudah konon konsumsi telur mentah lebih berkhasiat dibandingkan dengan yang sudah matang. Pada umumnya telur ayam kampung diminum bersamaan dengan jamu tradisional (campur) seperti yang banyak dilakukan di kedai-kedai jamu.

Adapun kepercayaan masyarakat terhadap khasiat telur ayam kampung sebagai obat, tak lepas dari kandungan yang terdapat dalamnya. The Mind Unleashed menyebutkan bahwa dalam beberapa penelitian pada kuning telur terutama pada ayam hasil peternakan lokal ditemukan adanya kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan telur biasa.

kuning telur

Kandungan gizi pada telur dapat dilihat dari warna kuning telur. Pada umumnya kuning telur ayam kampung memiliki warna kuning lebih tua dibandingkan dengan telur ayam biasa. Warna kuning telur yang lebih pekat (kuning tua) memiliki kandungan gizi lebih tinggi, sehingga cukup masuk akal jika orang zaman dulu percaya bahwa telur ayam kampung memiliki khasiat obat walaupun pada waktu itu tidak didukung hasil penelitian, tapi berdasarkan pengalaman setelah mereka mengkonsumsi telur ayam kampung mentah.

Manfaat Dan Kandungan Dalam Telur Ayam Kampung
Beberapa alasan banyak orang mengkonsumsi telur karena diantaranya telur memiliki kandungan gizi tinggi seperti Protein, karbohidran, vitamin, mineral, biotin, fosfor, kalium, zat besi, asam amino esensial dan masih banyak lagi kandunga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Berikut ini manfaat konsumsi teluar ayam kampung mentah:

  • Mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung jika dikonsumsi setiap hari
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Sebagai sumber energi dan menambah stamina setelah bekrja
  • Menyehatkan mata dan mencegah katarak
  • Menyembuhkan gangguan paru-paru
  • Bermanfaat untuk pembentukan otot
  • Bebas lemak dan kolesterol
  • Menambah asupan vitamin seperti vitamin D, E,A, dan B
  • Dan lan-lain

Efek Samping Dan Bahaya Makan Telur Ayam Mentah

Terlepas dari khasiat yang dapat diperoleh dari menkonsumsi telur ayam mentah, ternyata ada resiko yang mengintai jika makan telur mentah tanpa perhitungan atau tidak teliti sebelum mengkonsumsinya. Karena dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam telur ayam mentah ditemukan bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Namun bagi yang biasa konsumsi telur mentah jangan khawatir karena tidak semua telur terkontaminasi bakteri Salmonella bahkan sangat kecil kemungkinan 1 buah telur bisa mengandung bakteri salmonella. Dari hasil penelitian USDA (United State Departement of Agriculture) diperkirakan hanya ada 1 dari 30.000 telur, jadi bisa dikatakan cukup aman konsumsi telur mentah atau setengah matang asal selektif dan berhati-hati saat memilih telur yang hendak dikonsumsi seperti dintaranya:

  • Pilih telur yang masih baru, bisa dilihat dari kulit telur yang masih segar atau bisa diterawang (teropong) dengan senter. Kemudian cuci bersih dan masukkan dalam lemari es
  • Pastikan tidak menyimpan telur dalam kulkas lebih dari 3-4 minggu
  • Jangan membeli telur dengan kulit yang sudah retak karena ada kemungkinan bakteri masuk lewat retakan kulit telur
  • Rebus telur sebelum dikonsumsi dan merupakan cara paling aman agar terhindar dari bakteri yang biasa menyerang telur

Bahaya Bakteri Salmonella

Bakteri Salmonella bisa ditemukan pada kulit telur atau pada bagian dalam telur yang masih mentah atau telur setengah matang. Keberadaan bakteri ini sulit dideteksi dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Telur yang terkontaminasi bakteri biasanya berbau dan mengalami perubahan, namun demikian telur yang masih terlihat normal bisa saja terkontaminasi bakteri yang sangat berbahaya ini.

Kemungkinan telur terkontaminasi bakteri sangat kecil atau 1:30.000, jadi bagi penikmat telur tidak perlu khawatir karena kemungkinan telur yang mengandung bakteri sangat kecil dan bakteri pun akan mati setelah direbus atau dimasak dengan suhu tinggi.

Sebagian dari jenis bakteri salmonella bisa mengakibatkan demam tifoid yang sangat berbahaya dan mematikan. Jenis bakteri Salmonella enteriditis banyak ditemukan pada unggas dan telur, jika termakan manusia bisa menyebabkan keracunan seperti kepala pusing, diare, sakit perut dan demam.

Gejala terserang salmonella akan terdeteksi setelah 5 hingga 36 jam sejak pertama kali terinfeksi. Penderita akan merasakan mual, muntah diikuti demam tinggi. Bakteri ini sangat berbahaya jika menyerang anak-anak atau orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Jika gejala seperti itu muncul setelah konsumsi telur atau unggas sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit agar cepat mendapat pertolongan.

Sebenarnya bakteri salmonella dapat dicegah dengan cara memberi vaksin pada ayam-ayam ternak yang akan diambil telurnya, sehingga telur ayam itu aman dikonsumsi secara mentah tanpa khawatir terinfeksi bakteri berbahaya. Namun jika ada kekhawatiran menkonsumsi secara mentah sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang.

Kelompok orang yang paling rentan terinfeksi bakteri salmonella diantaranya ibu hamil anak-anak, orang dewasa yang memiliki daya tahan lemah, orang lanjut usia dan orang yang sedang sakit (kurang sehat). Gejala terinfeksi salmonella pada umumnya sakit pada bagian perut atas, demam tinggi, muntah dan diare.

Advertisement
KOMENTAR ANDA