Legenda Manusia Harimau, Mitos Dan Budaya

Legenda Manusia Hariamau – Dalam berbagai kebudayaan dan tradisi selalu kerap kali muncul kisah atau cerita legenda, dongeng dan mitos yang berkembang dimasyarakat sebagai gambaran terhadap keberagaman budaya dan tradisi dalam suatu daerah. Kisah Manusia Harimau termasuk diantara sekian banyak cerita legenda  dan selalu menarik untuk disimak baik untuk menambah wawasan atau mengetahui lebih jauh tradisi dan adat istiadat yang ada di wilayah tersebut pada masa lampau.

Diberbagai daerah di Indonesia kisah seperti itu tidak hanya terjadi di wilayah tertentu namun semua daerah memiliki kisah yang sama dengan alur cerita berbeda sesuai budaya yang berlaku didaerah tersebut. Cerita seperti banyak diabadikan lewat ingatan dari orang-orang tua terdahulu kemudian disampaikan pada anak-anak mereka sebagai pengantar tidur

cerita legenda manusia harimau

Di Madura misalnya kisah manusia harimau juga pernah ada termasuk beberapa cerita lain yang tak kalah menarik seperti legenda Buaya putih yang selalu muncul disebuah sungai pada saat terntentu. Kisah manusia harimau yang pernah ada di beberapa daerah diantaranya kisah prabu siliwangi penguasa pajajaran kala itu dan dikenal sakti mandraguna

Parabu Siliwangi
Parabu Siliwangi yang bergelar Sri Baduga Maharaja adalah raja Pakuan Pajajaran yang berkuasa selama 39 tahun sejak 1482-1521. Pada akhir pemerintahannya asca penyerbuan pasukan Islam Banten dan Cirebon yang juga dipimpin oleh keturunan Prabu Siliwangi sediri konon sang prabu bersama para pembantunya yang masih setia memilih melakukan tapadrawa (bertapa sampai meninggal) di hutan sampai akhirnya menghilang (nga-hyan)

Pertapaan itu yang dilakukan Siliwangi untuk menghindari pertumpahan darah sesama keturunan yang sudah memluk islam, yang juga dikenal cucunya sendiri. Menghilangnya siliwangi dipercaya masyarakat karena siliwangi telah moksa atau menyatu dengan alam ghaib berkaitan kesaktian yang dimiliki sang prabu.

Hingga saat ini keberadaan harimau jadi-jadian itu masih dopercaya masyarakat diwilayah Jawa Barat sebagai jelmaan siliwangi dan kerap muncul saat ada peristiwa-peristiwa tertentu. Kisah ini sebenarnya memiliki banyak versi termasuk cerita legenda manusia harimau di Hutan Sancang wilayah Garut Jawa Barat.

Baca : Legenda 7 Manusia Harimau

Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat Siliwangi mengawali tapadrawanya di hutan tersebut hingga akhirnya menjelma menjadi manusia haraimau putih atau dikenal denga sebutan Maung. Sedangkan para pegikutnya yang setia menjelma menjadi harimau belang (loreng).

Penjelmaan Siliwangi memiliki beberapa versi diantaranya karena tapa brata yang dilakukan Siliwangi bersama pengikutnya yang selalu setia mengikutinya sehingga manusia sakti itu muksa dan menyatu dengan alam ghaib lalu berubah menjadi harimau dan sering muncul ketika ada seseorang yang bermaksud berbuat kerusakan diwilayah hutan sancang

Terlepas benar atau tidaknya cerita itu, setidaknya kepercayaan sebagian masyarakat terhadap legenda manusia harimau yang merupakan perwujudan lain prabu Siliwangi, semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeliharaan dan perlindungan hutan untuk terjaganya keseimbangan ekosistem kehutanan demi kepentingan bersama.

Dalam versi lain bukan Prabu Siliwangi Menjelma menjadi manusia harimau setelah melakukan pertapaan, melainkan beliau sudah mampu menjelma menjadi harimau karena kesaktiannya jauh sebelum meninggal, Bahkan konon prabu siliwangi memiliki banyak pasukan harimau. Cerita ini hampir sama dengan dalam sinetron yang berkisah perjalanan prabu siliwangi dengan salah satu petinggi kerajaan bernama Paman Maung… Mungkin anda punya kisah dan cerita legenda lain dalam menambah wawasan seputar budaya nusantara

Advertisement
KOMENTAR ANDA