Makna Pancasila Dalam Lima Sila

Makna Pancasila Dalam Lima Sila – Sebagai warga negara Indonesia tentu kita wajib tahu bahwa Pancasila berfungsi sebagai Dasar Negara Republik Indonesia atau dengan kata lain bahwa “Indonesia berdasarkan Pancasila”. Sedangkan fungsi dasar Negara itu sendiri adalah antara lain sebagai dasar sekaligus sumber hukum dalam aktivitas penyelenggaraan dan pengelolaan negara.

Masing-masing sila dalam Pancasila memiliki makna dan arti penting sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh bangsa Indonesia. Selain ditetapkan sebagai dasar Negara, Pancasila juga menjadi pandangan hidup dan landasan ideology serta sebagai filsafat bangsa

makna pancasila

Baca : Jumlah Provinsi di Indonesia

Agar dapat menerapkan dan mengamalkan pencasila sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara kita harus tahu makna dan arti pancasila dari masing-masing sila berikut ini :

Pertama :
Makna Sila – Ketuhanan Yang Maha Esa
sila pertama
Bahwa kita sebagai bangsa Indonesia adalah umat beragama atau bangsa yang religius sehingga kita wajib mempercayai (Iman) terhadap adanya tuhan yang maha esa yaitu tuhan dari semesta alam yang mengatur seluruh hidup dan kehidup manusia.

Sebagai umat beragama sekaligus sebagai warga negara yang mengakui adanya tuhan diwajibkan untuk hidup ruku antar sesama

Hidup saling menghargai dan menghormati sama lain sebagai saudara sebangsa dan setanah air Indonesia.

Kedua :
Makna Sila – Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap
sila ke dua
Sebagai warga negara dan bangsa kita wajib menjunjung tinggi nilai budi pekerti dan mengakui bahwa seluruh bangsamemiliki martabat yang mulia dan derajat yang sama tidak ada perbedaan dalam hak dan kewajiban antara sesama bangsa

Selain itu kita berkewajiban untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam bersikap dan berprilaku serta bertindak dengan adil dan beradap.

Ketiga :
Makna Sila – Persatuan Indonesia
sila ke tiga
Dalam sila ketiga ini mengandung makna kebersamaan dan tidak bercerai berai antara sesama bangsa.

Karena itu kita sebagai warga negara wajib untuk membangun rasa kebersamaan, bahu membahu atau bersatu padu dalam satu kesatuan, membina dan menumbuhkan rasa persatuan dan nasionalisme dalam negara kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Keempat :
Makna Sila – Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawarahan/Perwakilan
sila ke empat
Makna dalam sila ini mengandung makna pentingnya mengedapakan musyawarah dan mufakat dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

Secara tidak langsung dalam sila ini masyarakat Indonesia sebagai warna negara diajak untuk ikut ambil bagian dalam kehidupan politik atas dasar persamaan dan tanggung jawab sesuai dengan kedudukannya.

Dengan kata lain bahwa pemerintahan berasal dari rakyat dan untuk rakyat sehingga dalam mengambil keputusan perlu mengedepankan musyawarah dan mufakat demi kepentingan bersama.

Kelima :
Makna Sila – Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
sila ke lima
Dalam sila ini mengandung makna ajakan tentang rasa keadilan bahwa seluruh warga negara dituntut ikut aktif dalam memberikan sumbangsih demi terwujudnya keadilan, rasa aman, damai, kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat sesuai dengan kedudukan dan kemampuannya.

Demikian secara singkat makna Pancasila dalam 5 sila dan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia

 

Advertisement
KOMENTAR ANDA