Manfaat Dan Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat kulit manggis saat ini sudah mulai diketahui banyak orang. Buah dengan rasa manis berwarna kecoklatan ini mempunyai nama latin Garcinia mangostana dan diduga sebagai buah asli asal Asia Tenggara, tepatnya Indonesia.

Mengenal buah Manggis sama halnya dengan buah-buahan lainnya, seperti jeruk, apel, anggur, rambutan, jambu, buah salak dan semua jenis buah tersebut banyak ditemukan dipasaran dengan harga cukup terjangkau sehingga untuk mendapatkannya tidak terlu sulit.

Manfaat Dan Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Pada umumnya buah-buahan memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti vitamin atau kandungan lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk pada buah manggis.

Kandungan gizi atau vitamin pada buah-buahan umumnya terletak pada daging buahnya, sedang pada buah manggis tak hanya pada bagian daging buahnya saja yang mengandung manfaat tapi juga pada kulitnya, bahkan kandungan pada kulit manggis jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Kulit Manggis
Kulit manggis memiliki tekstur keras dengan warna kecoklatan, jika digigit terasa agak pahit sehingga terkesan tidak ada manfaat apa pun tersimpan didalamnya, padahal dibalik kulit manggis yang kurang menarik dan biasanya dibuang begitu saja, ternyata ada kandungan yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh

Dalam banyak penelitian ditemukan, bahwa pada bagian dalam kulit manggis terdapat kandungan xanthone atau senyawa bioaktif yang memiliki sifat anti kanker dan antioksidan tingkat tinggi, bahkan dengan jumlah berkali lipat dibandingkan dengan vitamin C atau D.

Memang selama ini tidak banyak masyarakat yang mengetahui khasiat dibalik kulit manggis dan bisanya dibuang begitu saja setelah menkonsumsi daging buahnya. Namun, jika anda tidak menyukai rasa pada kulit manggis, untuk mendapat khasiat xantone pada buha manggis anda bisa hanya menkonsumsi daging buahnya saja.

Hal itu seperti disampaikan Rita Ramayulis, DCN, Mkes dalam bukunya ‘Jus Super Ajaib’, untuk bisa mendapatkan manfaat zamthone anda tidak harus mengkosumsinya dalam bentuk ekstrak, tapi bisa langsung mengkonsusi buahnya.

Khasiat Dan Manfaat Kulit manggis Untuk Diabetes
Penyakit diabetes atau biasa juga disebut penyakit kkencing manis adalah penyakit akibat kelebihan kadar gula dalam darah dan salah satu tanda paling umum selalu ingin buang air kecil pada malam hari. Nah, untuk mengatasi kelebihan gula darah, anda bisa memanfaatkan kulit manggis.

Caranya : Ambil 2 buah manggis kemudian kupas dan ambil bagian dalamnya dengan cara mengerok dengan sendok lalu tambahkan air hangat setelah itu dibelender, setelah halus kemudian disaring untuk diambil airnya.jika kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu, lakukan 2 kali sehari pagi dan sore.

Khasiat Dan Manfaat Kulit manggis Untuk Kolesterol
Selain bermanfaat untuk untuk diabetes kulit manggis juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jia anda memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya mencoba minum jus manggis ini secara teratur.

Baca : Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Awet Muda

Selain dapat dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit kulit manggis juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini, perawatan kecantikan serta menghaluskan kulit wajah dengan cara diminum atau dijadikan sebagai bahan untuk luluran.

Advertisement
KOMENTAR ANDA