Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Awet Muda

Buah manggis adalah jenis buah yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia dan bukan kategori buah langka karena sangat mudah ditemukan dipasaran, harganya pun cukup terjangkau layaknya buah-buahan lain.

Belakangan ini buah ini seringkali menjadi pembicaraan bahkan bisa dikatakan buah yang sangat populer di Indonesia setelah berbagai ulasan tentang khasiat buah manggis yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk juga dapat menghambat penuaan dan awet muda.

Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Awet Muda

Bahkan dalam beberapa waktu terakhir ini, iklan terkait manfaat buah manggis yang sering muncul di tv dengan nama produknya ‘Mastin’ dengan ekstak kulit manggisnya semakin membuat buah dengan rasa manis dan menyegarkan ini kian populer.

Benarkan Kulit Buah Manggis Memiliki khasiat untuk kesehatan dan mampu menangkal berbagai serangan penyakit, termasuk juga bisa membuat orang awet muda.

Berikut ini hasil riset terkait manfaat dibalik kulit buah manggis yang pernah dilakukan Ilmuwan IPB ( Institut Pertanian Bogor ) salah satunya yaitu dan menghambat penuaan dini (awet muda)

Dalam hasil penelitian tersebut, seperti disampaikan Dr Ir Indah Yuliasih, peneliti Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB di Bogor bahwa dalam kulit manggis ditemukan adanya senyawa `xanthone` dan merupakan bahan aktif yang berfungsi sebagai anti oksidan dan antikanker, dimana xanthone juga dapat menghambat proses penuaan.

Cara kerja xanthone ini memiliki kekuatan berkali lipat dibandingkan dengan vitamin C dan E. sehingga bagi mereka yang biasa mengkonsumsi buah manggis atau juice kulit manggis akan mendapat manfaat tak hanya sebagai penangkal penyakit tapi juga bisa tampil segar dan awet muda.

Produk ekstrak kulit manggis saat ini sudah banyak beredar dipasaran, hanya saja harganya tentu akan lebih mahal, dibandingkan membeli buah manggis yang masih utuh dan belum di ekstrak.

Selain disampaikan Dr Ir Indah Yuliasih, terkait khasiat manggis ini juga disampikanRita Ramayulis, DCN, Mkes yang menyebutkan bahwa interaksi xanthone dengan zat lain yang terdapat dalam buah manggis dapat membantu memperlambat proses penuaan sel, termasuk sel sel jantung.

Tak hanya itu, menurut Rita Ramayulis kandungan yang terdapat dalam buah manggis juga dapat membantu menanggulangi infeksi virus dan jamur.

Cara mengkosnumsi buah manggis atau ekstraknya menurut Rita Ramayulis tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Artinya, untuk mendapatkan manfaat dari khasiat buah manggis tergantung pada masing-masing orang, bisa mengkonsumsi manggis yang sudah diekstark atau bisa juga dengan membeli buah manggis yang dapat dengan mudah ditemukan dipasaran.

Baca : Manfaat Dan Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat xanthone sekaligus asupan buah yang segar setiap hari maka pilihlah buah manggis segar yang bisa dibeli di pasar buah. Memang ekstrak kulit manggis lebih praktis tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhan akan asupan buah, tinggal memilih saja sesuai kebutuhan, pilih buahnya atau ekstraknya

Advertisement
KOMENTAR ANDA