Mencegah Kerontokan Rambut Sejak Dini

Rambut rontok bisa disebabkan berbagai hal, namun paling umum dan sudah pasti akan dialami oleh semua orang, karena proses penuaan baik bagi kaum pria atau wanita. Kerontokan pada rambut akan menyebabkan kebotakan permanen jika tidak dilakukan antisipasi dan pencegahan sejak dini.

Pria akan lebih rentan dibandingkan wanita timbulnya kerntokan pada rambut. Biasanya seorang pria akan mengalami gangguan pada rambut diawali rambut mudah rontok mulai pada pria usia 30 tahun keatas  hingga usia 60 tahun. Kondisi seperti itu karena proses penuaan dan terjadi secara alamiyah.

cegah rambut rontok

Namun hal itu dapat dilakukan dengan cara pencegahan atau minimal memperlambat terjadinya kerontokan yang bisa dilakukan sejak dini sehingga rambut tetap mampu bertahan dan tidak mudah menipis diantaranya melakukan perawatan secara teratur agar selalu rapi dan tidak kering.

Berikut ini cara mencegah rambut rontok dengan cara perawatan sederhana dan mudah dilakukan :

  • Mencegah terjadinya inflamasi pada bagian folikel rambut dengan cara menghindari penggunaan pelembab atau minyak rambut secara terus menerus maupun perawatan rambut
  • Terlalu sering menyisir rambut juga akan membuat masalah, diantaranya dapat mematahkan  rambut, terlebih jika tidak dilakukan secara hati-hati. Karenanya lakukan penyisiran secara berlahan menggunakan sisir dengan mata sisir yang jarang.
  • Jangan menarik rambut yang membuat rambut bisa patah seperti melakukan perawatan yang sifatnya menarik dan menjepit rambut, jika harus dilakukan usahakan untuk melakukan secara berlahan. Biasanya rambut akan lebih rabuh setelah keramas dibandingkan dengan kondisi rambut kering.
  • Penggunaan shampoo terlalu sering juga bisa berakibat fatal pada rambut, karenanya jika harus keramas setiap hari usahakan untuk tidak selalu menggunakan sampo dan menggantinya Conditioner agar rambut mudah disisir dan ditata setelah habis keramas
  • Memilih minyak rambut yang cocok dengan jenis rambut penting dilakukan, jika melihat kondisi rambut kurang baik setelah menggunakan minyak rambut tertentu, karena bisa jadi minyak rambut yang kurang cocok akan membuat rambut mudah rusak.

Merawat rambut seperti langkah-langkah yang telah disebutkan diatas, akan membuat rambut tetap terawat dan terjaga kesehatannya sehingga bisa terhindar dari kerontokan dan penipisan rambutan

Advertisement
KOMENTAR ANDA