Pengertian Dan Teknik Servis Permainan Bola Voli

Pengertian sevis adalah sebuah langkah awal atau pembukaan dalam permainan bola voli, atau bisa berarti juga sebagai tindakan memukul bola yang dilakukan salah seorang pemain dalam satu regu untuk mengumpulkan poin atau nilai. Oleh karena itu saat melakukan serve sebenarnya tidak hanya sebagai pembuka permainan melainkan bisa merupakan serangan awal yang dilakukan salah satu pemain dari salah satu tim untuk mengumpulkan angka, karena dalam melakukan servis terkadang bisa dengan pukulan keras dengan harapan pihak lawan tidak bisa mengantisapi datangnya bola

Cara melakukan service atau serve seorang pemain memukul bola dengan tangan atau lengan dari luar garis lapangan sendiri menuju lapangan lawan melintasi net. Jika bola tidak berhasil diterima dan jatuh dilapangan tim lawan maka bola dianggap mati dengan demikian pelaku servis akan mendapatkan poin dan servis selanjutnya masih bisa dilakukan sampai bola mati.

tuliat.com teknik dasar permainan bola voli

Servis sendiri merupakan salah satu dari 4 teknik dasar permainan bola voli yang harus dikuasai oleh seorang pemain sehingga dalam melakukannya diperlukan teknik servis khusus agar bisa melakukannya dengan baik. Adapun teknik servise dalam permainan bola voli dibagi menjadi 2 yaitu :

–    Teknik servis tangan atas (memukul bola dari atas)
–    Teknis servis tangan bawah (memukul bola dari bawah)

Sedangkan Servis Atas dibagi lagi menjadi Tennis Servis, Floating Servis Dan Cekis, dimana dalam melakukannya berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana cara melakukan dari masing-masing teknik tersebut, silahkan simak berikt ini :

I. Servis Tangan Bawah
teknik servis tangan bawah
Servis tangan bawah adalah teknik melakukan servis dengan cara mengayunkan lengan dari bawah ke arah bola kemudian memukulnya menggunakan genggaman tangan.Untuk melakukan servis tangan bawah :

  • Posisi berdiri dengan tubuh agak condong
  • Kaki kiri agak ke depan sedangkan kaki kanan dibelakangnya
  • Lalu lambungkan bola denga tangan kiri, setalah bola setinggi pinggang, maka ayunkan tangan kanan dengan konsisi lurus dan ditegangkan untuk menghasilkan pantulan bola yang efektif
  • Pukulan bisa dilakukan dengan tangan tergenggam

II. Pengertian Servis Atas
teknik servis tangan atas
Servis Atas adalah sebuah tindakan memukul bola dengan ayunan tangan yang diarahkan dari atas. Saat melakukan pukulan diikuti dengan lompatan dengan bertujuan agar bisa mengerahkan tenaga dan memukul bola dengan keras sehingga bisa melesat dengan kecepatan tinggi.

Dari penegertian ini dapat disimpulkan, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa teknik servis bola voli tidak semata-mata mengawali permainan, tapi bisa berupa serangan awal agar bisa mendapatkan point.

Servis Atas dibagi lagi yaitu :

1. Tennis Servis
Cara melakukan tennis servis diantaranya :

  • Berdiri di area servis kemudian kaki kiri agak maju, lutut diturunkan
  • Kedua tangan memagang bola, posisikan tangan kanan ada diatas bola sedangkan tangan kiri menyangga dari bawah
  • Saat akan memukul bola, lambungkan bola dengan tangan kiri diatas kepala sambil memperhatikannya, lalu tangan kanan ditarik ke belakang kepala agak ke atas kemudian ayunkan tangan untuk memukul bola
  • Agar pukulan bisa maksimal sehingga bola bisa meluncur dengan cepat, caranya pukul bola dengan lecutan seperti ketika melakukan smash.

2. Floating Servis
Pengertian Floating servis atau mengapung adalah cara memukul bola dimana bola meluncur dengan cara mengambang dan tidak berputar. Tenik pemukulan sebnarnya tidak jaun berbeda dengan Tennis service. Saat memukul bisa menggunakan pangkat telapak tangan, bisa dengan melipat ibu jari menempel pada telapak tangan atau dengan tangan digenggam.

Seorang pemain bisa menggunakan salah cara yang yang lebih disukai atau yang lebih efektif menghasilkan pukulan. Karena dalam servis hal terpenting dapat menghasilkan pukulan keras dan efektif serta sesuai harapan.

Cara melakukan floating servis:
Posisikan kaki kiri didepan, sedang kaki kanan dibelakang. Kemudian lambungkan bola ketas atau lebih tinggi dari kepala, selanjutnya tangan kanan memukul bola dari belakang tengah bola cara ini disebut dengan Floating overhand change-up service

Cara overhand round-house service, caranya berdiri dengan cara menyamping jaring net, sedangkan kedua kaki dalam posisi sejajar. Pegang bola dengan tangan kiri, genggam tangan kanan sebagai pemukul bola, kemudian lambungkan bola di depan pundak kiri sambil mengayunkan tangan kanan dengan gerakan melingkar ke arah bola. Pada saat melakukan pukulan berat badan dipindahkan ke kaki kiri untuk menghasilkan pukulan yang akurat dan cepat.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulan bahwa pengertian servis adalah sebuah tindakan oleh seorang pemain untuk memukul bola dari petak servis yang diarahkan langsung ke area lapangan lawan dengan tujuan agar bola meluncur dengan cepat sehingga tidak bisa diantisipasi oleh lawan.

Baca : Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Servis juga bisa disebut sebagai aksi memasukkan bola menggunakan teknik-teknik tertentu, agar bola mengenai sasaran sesuai keinginan. Misalnya mengarahkan bola agar jatuh ditempat kosong, sehingga keberhasilan servis permainan bola voli tergantung teknik dan cara melakukan servis itu sendiri.

Advertisement
KOMENTAR ANDA