Pengertian Pantun Agama Dan Contohnya

Pantun Agama adalah pantun yang mengandung kata-kata atau kalimat berisi wejangan atau pemahaman berkaitan dengan hukum agama atau bisa juga berupa nasehat yang berpedoman sesuai aturan-aturan dalam agama. Penyampaian bait kata dalam pantun ini bisa dalam bahasa Indonesia atau bisa menggunakan salah satu bahasa yang ada di Nusantara.

Sedangkan Pengertian Pantun itu sendiribagian dari puisi lama dan sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai bahasa di Nusantara dengan teknik dan penyampaian yang berbeda sesuai budaya tentunya.

1 pantun-agama

Di berbagai daerah pantun dikenal dengan istilah atau nama berbeda, misalnya di Jawa lebih dikenal sebagai parikan begitu juga didaerah laim seperti di Minangkabau disebut Petuntun, Orang sunda menyebutnya sebagai Paparikan begitu juga dengan orang batak, mereka lebih mengenal dengan sebutan Umpas.

Namun secara umum, baik di Jawa, Minangkabau atau daerah lainnya, pantun terdiri 4 larik atau baris kalimat bersajak akhir dengan pola a-b a-b yang terdiri dari 2 sampiran dan 2 isi. Begitu halnya dengan pantun agama, perbedaannya hanya teletak pada makna kata atau kalimat

Contoh Pantun Agama
contoh pantun agama
Dalam pantun agama terkandung kalimat da’wah atau seruan untuk kebajikan, hanya saja penyampaiannya yang berbeda yaitu menggunakan untaian kata atau kalimat seni yang indah dan enak didengar sehingga terkesan tidak menggurui.

Dalam pantun ini juga berisi dakwah berkenaan dengan pemahaman ilmu akidah yang mengajak orang lain secara tidak langsung pada jalan akhirat seperti diantaranya menjalankan syari’at untuk kebaikan hidup dunia akhirat

Advertisement
KOMENTAR ANDA