Pengertian Saktah Dan Tanda Baca Waqaf Dalam Al-Qur’an

Saktah adalah bagian dari waqaf dalam Alqur’an – Membaca Al-qur’an dengan baik dan benar adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Islam. Karena kesalahan dalam membaca akan mengubah makna yang terkandung dalam ayat-ayat alqur’an tersebut. Setelah membaca aAlqur’an dengan benar kemudian membaguskan bacaan-bacan dengan berpegang pada kaidah-kaidah Ilmu tajwid. Memperhatikan tanda waqaf yang yang banyak ditemukan dalam Alqur’an termasuk diantaranya saktah, dan lainnya.

Pengertian Waqaf Dan Saktah
Waqaf dari kata (وَقَفْ) secara bahasa berarti berhenti atau menahan atau bisa juga berdiam. Sama halnya dengan kata wukuf di Arafah berarti berdiam di Arafah. Sedangkan pengertian secara istilah dalam ilmu qira’ah adalah menghentikan bacaan atau suara bacaan sebentar dan bernafas, lalu melanjutkan kembali bacaan tersebut sampai pada ayat selanjutnya.

tafsir surat almaidah ayat 51

Pengertian Waqaf Saktah adalah menghentikan bacaan sebentar tanpa mengambil nafas, lalu melanjutkan bacaan. Waqaf ini kebalikan dari waqaf-waqaf yang lain karena berhenti tanpa bernafas. Saktah atau kata (ساكته) berarti diam/berhenti atau memutus bacaan.

Jadi pengertian jelasnya yaitu memutus atau berhenti membaca suatu kalimat dalam waktu sejenak (kurang lebih 1 detik atau 2 harkat) tanpa bernafas, kemudian dlanjutkan lagi. Ketika berhenti bukan maksud menghentikan tapi masih dalam keadaan membaca (niat membaca) terus sampai pada pemberhentian atau akhir ayat.

Menurut Imam hafs, Waqaf saktah dalam Al-qur’an hanya ada pada 4 tempat :
1. QS : Al-Muthoffifiin ayat : 14

qs: suart almuthoffifn
2. QS : Al-Qiyaamah ayat : 27

alqiyamah
3. QS : Yasiin (36) ayat : 52

surat-yasin
4. QS : Al-Kahfi antara ayat 1 dan 2

alkahfi

Macam-Macam Tanda Waqaf dalam Al-qur’an
Dalam Al-qur’an ada banyak macam nama tanda waqaf atau tanda pemberhentian bacaan ayat-ayat yang harus diketahui para qari’.

1. Nama Waqaf Mutlaq (ط)
Waqaf Mutlaq memiliki tanda huruf ط (tho). Jika membaca ayat-ayat Alqur’an menemukan tanda seperti huruf tersebut diutamakan berhenti.

2. Nama Waqaf Lazim (م)
Waqaf Lazim memiliki tanda huruf م (mim) Jika membaca ayat Al Qur’an ada tanda seperti itu harus berhenti

3. Nama Waqaf Jaiz (ج)
Waqaf Jaiz adalah waqaf dengan tanda huruf ج (jim) jika membaca ayat Alqur’an menemukan tanda hurus tersebut, diperbolehkan berhenti dan boleh terus (dilanjutkan bacaannya)

4. Nama Waqaf Washlul Ula (صلى)
Washlul Ula adalah waqaf dengan tanda huruf صلى (shat, lam, ya) bermakna washl (menyambung) ketika membaca Alqur’an ketemu dengan tanda waqaf tersebut diutamakan meneruskan bacaan (tidak berhenti)

5. Waqaf Mustahab (قيف)
Tanda waqaf mustahaf memiliki tanda huruf (qaf, ya, fa) ketika membaca ayat dan bertemu tanda tersebut diutamakan berhenti

6. Waqaf Mujawwaz (ز)
Tnda waqaf mujawwaz dengan huruf (za) ditutamakan terus tapi juga boleh berhenti jika bertemu dengan tanda tersebut.

7. Waqaf Murakhas (ص)
Waqaf dengan tanda huruf ص (shad) lebih utama jika berhenti tapi bisa diteruskan apabila dalam keadaan darurut seperti karena ayat yang dibaca terlalu panjang.

8. Tanda Waqaf Qobih (ق)
Waqaf Qobih ditandai dengan huruf (qaf) atau Qeela alayhil waqf jika membaca ayat-ayat dalam Al-qur’an terdapat tanda seperti itu diuatamakan meneruskan bacaan tapi boleh juga berhenti

9. Waqaf Laa Washal (لا)
Jik ada tanda waqaf لا (lam, alif) pada pertengahan ayat tidak dibenarkan berhenti tapi jika terdapat pada akhir ayat boleh berhenti atau dteruskan.

10. Waqaf Mu’anaqah (. ۛ. . ۛ.)
Jika menemukan tanda ayat seperti titik tiga boleh berhenti pada tanda pertama atau tanda yang kedua.

Selain tanda-tanda waqaf tersebut termasuk waqaf saktah yang telah disebut di atas, sebenarnya masih ada tanda waqaf lainnya yang terdapat dalam Alqur’an. Penggunaan waqaf ketika membaca Al-qur’an akan memperbagus bacaan termasuk menempatkan masing-masing huruf pada makhraj dan ilmu tajwi yang baik akan lebih membuat bacaan Alqur’an lebih sempurna.

Baca : Pengertian Bacaan Imalah, Naql, Isman Dan Tashil Dalam Alqur’an

Itulah beberapa tanda waqaf dan cara membacanya yang banyak ditemukan dalam Al-qur’an semoga bisa membantu.

Advertisement
KOMENTAR ANDA