Pengertian Sedekah Secara Bahasa Dan Istilah

Pengertian sedekah secara bahasa berarti Jujur atau Benar. Sedekah berasal dari kata bahasa arab Shodaqoh/Shadaqa = صدقة yang berarti sesuatu yang benar atau jujur. Pengertian secara umum shadaqa adalah suatu amal atau memberikan sesuatu yang dilakukan secara ikhlas atau suka rela tanpa berharap imbalan. Dengan kata lain mengeluarkan harta dijalan Allah semata-matan berharap ridha-Nya sebagai bukti Kejujuran Dan Kebenaran Iman seseorang.

Sedekah memiliki arti lebih luas sehingga tidak hanya berupa pemberian dalam bentuk harta benda (materi) saja atau kekayaan, tapi bisa berupa tindakan lain yang bisa memberi manfaat pada orang lain, seperti menolong orang, mengajarkan ilmu, berdzikir, bergaul dengan istri, tersenyum pada orang lain dan sebagainya, termasuk bagian dari sedekah.

arti_sedekah

Dalam islam, bersedekah atau memberi sesuatu untuk membantu orang lain baik berupa materi atau non materi sangat penting dan merupakan suatu indikasi jelas sekaligus menandai ketulusan iman seseorang pada Allah SWT. Sedekah yang dilakukan dengan keikhlasan dan ketulusan hati akan mendapatkan manfaat yang sangat besar baik di dunia maupun di akhirat.

Baca :Keajaiban Sedekah

Dalam Al quran Surah Al Baqarah Ayat 245 disebutkan :

ayat sedekah

Memberi sedekah pada orang lain dan dilakukan hanya demi berharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik pahala dunia maupun akhirat. Pahala dunia diantaranya bisa berupa kesehatan jasmani dan rohani, dilapangkan hati, ketenangan jiwa dimudahkan segala urusan termasuk mencari rezeki dan lain sebagainya.

Pada ayat lain dalam Alqur’an juga disebutkan :

dalil sedekah

Sedekah yang dilakukan secara ikhlas akan mendapatkan balasan dari Allah SWT berkali-kali lipat. Dalam ayat tersebut jelas bahwa bahwa Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan bahkan hingga 700 kebaikan

Advertisement
KOMENTAR ANDA