Penyebab Penyakit Asam Lambung

Naiknya asam lambung bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah karena terjadinya masalah pada lambung sehingga lambung tidak bekerja secara optimal. Namun masalah yang paling umum karena lower esophageal sphincter (LES) atau katup yang menghubungkan kerongkongan dan lambung melemah atau tidak berfungsi dengan baik

Lower Esophageal Sphincter (LES) merupakan otot berbentuk cincin yang ada di bagian bawah kerongkongan yang berfungsi sebagai katup otomatis dan akan terbuka ketika makanan masuk ke lambung dan kemudian menutup kembali untuk mencegah makanan agar tidak naik ke kerongkongan.

penyebab asam lambung

Jika LES atau katup ini melemah dan tidak berfungsi dengan baik maka maka akan terjadi kebocoran yang akan membuat cairan asam lambung naik ke kerongkongan, kemudian menimbulkan banyak keluhan seperti rasa panas di tenggorokan atau nyeri dada.

Penyebab lemahnya LES/Katup ini belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan karena beberapa faktor berikut ini :

1. Stres
Hampir semua orang pernah mengalami stres dan sebagian besar mampu mengendalikan kondisi ini sehingga tidak berakibat buruk bagi kesehatan. Namun jika stres berlangsung dalam waktu lama bisa memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan salah satu diantaranya masalah pencernaan. Karena pada kondisi seperti itu produksi asam lambung akan meningkat.

2. Makanan Berlemak/Berminyak
Konsumsi makanan berlemak atau berminyak bisa menjadi penyebab LES melemah. Hal itu disebabkan daya kerja lambung membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung lemak sehingga produksi asam lambung juga meningkat kemudian naik menuju kerongkongan

3. Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Kelebihan berat badan bisa menimbulkan tekanan tinggi pada bagian perut sehingga membuat dorongan kuat yang secara terus menerus sehingga membuat otot LES menjadi lemah dan kemudian tidak bisa berfungsi dengan baik

4. Keadaan Hamil
Kehamilan juga diduga sebagai penyebab melemahnya LES. Ketika perut mulai membesar sesuai usia janin maka tekanan yang terjadi pada perut akan meningkat dan semakin kuat.

5. Makanan Berkafein
Makanan yang mengandung kafein seperti coklat, kopi juga diduga bisa menjadi penyebab melemahnya Lower Esophageal Sphincter karena jenis makanan ini dapat memicu produksi asam lambung meningkat kemudian terjadi refluks (kembalinya cairan asam ke esofagus).

penyakit gerd

Hal terpenting yang perlu dilakukan untuk mencegah asam lambung meningkat, hindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu asam lambung berikut ini :

  • Makanan yang bersifat asam seperti tomat, jeruk, mangga, blimbing, kedongdong dan lain-lain
  • Jenis minuman tertentu atau berkafein seperti minuman bersoda, alkohol, coklat, kopi, susu dll
  • Makanan berlemak dan berminyak

Baca : Penyakit Asam Lambung (GERD) – Penyebab Dan Cara Mengobati

Disamping beberapa faktor yang telah disebutkan, melemahnya LES bisa dikarenakan konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah tinggi dalam waktu lama atau obat-obatan lain yang memiliki pengaruh sama.

Advertisement
KOMENTAR ANDA