Pohon Tertinggi Di Dunia Yang Masih Berdiri Kokoh

Pohon adalah jenis tumbuhan berkayu dan bisa tumbuh dimanapun. Pohon tinggi banyak tumbuh di hutan-hutan dan sudah berumur puluhan tahun. Keberadaan pohon sangat penting dalam kehidupan semua makhluk termasuk manusia. Tanpa pohon sangat kecil kemungkinan manusia bisa bertahan hidup, begitu juga dengan makhluk lainnya.

Pohon merupakan salah satu sumber kehidupan di bumi, sebagai penghasil dan penyuplai oksigen bagi manusia, karena oksigen merupakan unsur dasar bagi kehidupan manusia. Hal itu pula yang menjadi salah satu alasan, kenapa pohon sering disebut sebagai paru-paru dunia dan harus selalu dijaga keberadaannya.

Namun belakangan keberadaan pohon-pohon tinggi dan besar kian terancam akibat penebangan liar yang dilakukan tangan-tangan tak bertanggung jawab. Pembukaan lahan dan pembakaran hutan yang terus berlanjut membuat ketersedian pohon kian menipis dan tentu saja akan mengganggu kelangsungan hidup di bumi. Karena itu pohon-pohon yang terus terpelihara akan menjaga keseimbangan alam dan kelangsungan makhluk hidup di bumi bisa terus berlanjut.

Kita bisa bayangkan jika bumi tanpa pohon, tentu dampaknya akan sangat mengerikan. Ketiadaan pohon akan meyebabkan kekeringan dimana-mana, Ketika musim kemarau tiba bumi akan kering kerontang, begitu juga saat musim hujan, banjir akan melanda semua itu karena hutan mulai gundul akibat pembalakan liar yang terus terjadi.

Namun dibelahan bumi lain ternyata masih banyak orang-orang yang masih menyadari pentingnya kebradaan pohon dan melestarikannya sehingga pohon-pohon itu masih berdiri kokoh meski usianya sudah ribuan tahun, bahkan pohon-pohon itu dinobatkan sebagai pohon tertinggi dan tertua di dunia.

Berikut ini pohon-pohon tertinggi dan tertua di dunia :

1. Pohon Hyperion

pohon hyperion

Hyperion merupakan jenis Pohon Coast Redwood adalah pohon terbesar dan tertinggi di dunia. Pohon ini berada di Taman Nasional Redwood, California. Hyperion (Sequoia sempervirens) memiliki tinggi 115,6 meter, ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti bernama Chris Atkins dan Michael Taylor pada tahun 2006.

Pohon yang lebih dikenal secara umum dengan sebutan pohon Reedwood ini termasuk pohon dilindungi di sepanjang pesisir pantai California, Amerika Serikat yang merupakan Taman Nasional – The Redwood National and State Parks (RNSP) dengan luas area sekitar 38.982 hektar

Selain melestarikan pohon Reedwood – The Redwood National and State Parks, juga melestarikan semua jenis fauna dan flora termasuk berbagai macam hewan langka. Di Taman ini terdapat sekitar 75.000 spesies langka yang dilindungi.

2. Pohon Eucalyptus Regnans

Eucalyptus Regnans

Pohon Eucalyptus adalah Jenis pohon asli Australia, namun pohon ini juga bisa ditemukan di Indonesia dan Filipina. Di negara asalnya Eucalyptus bisa tumbuh sangat tinggi bahkan termasuk jenis pohon tertinggi di dunia atau tertinggi urutan ke dua setelah Coast Reedwood di Amerika Utara.

Pohon Regnans Eucalyptus tertinggi di temukan di di daratan Tasmania dan Victoria memiliki ketinggian 114 meter dengan volume pohon sekitar 391 meter kubik. Pohon ini dikenal sebagai pohon gunung dan secara teratur bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 85 meter. Nama lain dari pohon ini Mountain Ash, Victorian Ash dan Giant Ash

3. Pohon Rullah Longatyle

Rullah Longatyle

Rullah Longatyle memiliki nama lain Strong Girl (gadis kuat) adalah jenis pohon yang dengan ukuran sangat besar dan masuk jajaran pohon tertinggi di dunia.

Pohon ini juga bisa di temukan di kawasan Tasmania Selatan Australia, dengan tinggi mencapai 82,3 meter, memiliki lingkar 19.00 meter. Total volume kayu: 368 meter kubik

4. Red Creek Fir

Red Creek Fir

Red Creek Fir adalah Pohon cemara tertinggi dunia dan merupakan pohon asal Amerika Utara. Pohon ini bisa ditemukan di bagian barat Amerika Utara, bagian selatan Kanada, California dan barat sampai tengah British Columbia.

Pohon ini menempati urutan ke-8 sebagai pohon tertinggi di dunia dengan ketinggian 100 sampai 120 meter. Volume pohon sekitar 349 m³ . Red Creek Fir atau tertinggi ini diperkiran berusia sekitar 1000 tahun

5. Queets River Spruce

Queets River Spruce

Queets River Spruce adalah jenis pohon tertinggi menempati urutan ke-9 tertinggi di dunia. Pohon ini memiliki nama latin Picea sitchensis dengan tinggi 75,6 meter dan volume kayu sekitar 337 meter kubik.

Pohon berdiameter 5 ini memiliki terlihat sangat kuat dan kokoh berdiri tegak dengan akarnya yang kuat mencengkram bumi.

Baca : Gunung Tertinggi Di Indonesia

Itulah 5 pohon tinggi atau tertinggi di dunia dan masih berdiri kokoh di tempat asalnya, karena berada di tangan-tangan orang yang masih peduli terhadap lingkungan dan selalu berusaha demi terpeliharanya keseimbangan alam di bumi

Advertisement
KOMENTAR ANDA