Sakit Kepala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Sakit Kepala adalah suatu kondisi dimana sekitar kepala terasa sakit, secara medis dikenal dengan istilah cephalalgia baik rasa sakit itu pada bagian kepala belakang, kiri atau kanan dan biasanya rasa sakit seperti itu sering disebut sakit kepala sebelah karena sakit yang diderita hanya pada bagian sisi tertentu saja

Sakit kepala hampir dialami semua orang dan pada umumnya tidak termasuk sakit serius sehingga mudah diatasi, seperti karena kurang tidur, kelelahan dan biasanya bisa disembuhkan dengan minum air hangat atau makan obat pereda sakit kepala, banyak istirahat atau tidur lebih awal.

sakit kepala

Sakit kepala sering muncul tiba-tiba atau menyerang pada bagian kepala tertentu dengan rasa sakit yang tak tertahankan, biasanya hanya dalam waktu beberapa menit sudah kembali reda, namun ada juga yang berkepanjangan dan perlu obat untuk bisa pulih seperti sedia kala.

Jika merasakan sakit kepala pada area tertentu seperti pada bagian kepala belakang dan rasa sakit terus berlanjut sebaiknya segera lakukan tindakan pengobatan, karena ada kalanya sakit kepala disebabkan karena efek adanya penyakit tertentu.

Penyebab Sakit Kepala
Ada beberapa jenis sakit kepala diantaranya yang paling kita dengar istilah sakit kepala sebelah atau Migrain dan sering menyerang sebagian orang dengan rasa sakit berdenyut-denyut.

Istilah migrain berasal dari kata Yunani Hemikrania) yaitu rasa sakit pada salah satu sisi kepala yang berhubungan dengan gejala sistem syaraf, biasanya rasa sakit berlangsung 2 sampai 3 hari bahkan bisa lebih lama.

Sakit kepala bisa disebabkan banyak hal terkadang rasa sakit menyerang secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Untuk mengetahui jenis sakit kepala dengan rasa sakit berkepanjangan hanya bisa diketahui setelah diadakan pemeriksaan secara lengkap karena kemungkinan disebabkan adanya penyakit tertentu dan biasanya disebut dengan sakit kepala skunder, sedangkan sakit kepala yang tidak terkait dengan adanya penyakit lain disebut sakit kepala primer

Sakit Kepala primer adalah jenis sakit yang tidak berkaitan dengan adanya penyakit lain yang menjadi penyebab kepala menjadi sakit serta tidak ditemukannya kelainan, sedangkan sekunder akibat adanya kelainan atau sebab penyakit lain yang berimbas pada kepala dan keduanya memiliki efek hampir sama tapi lain penyebab.

Sakit Kepala Primer
Sakit kepala memang memiliki banyak macam sebagai penyebabnya namun jika dibagi sebenarnya hanya ada dua jenis yaitu Primer dan Skunder, berikut ini termasuk dalam kelompok Primer :

1. Sakit kepala tegang
Sakit kepala tegang merupakan tipe sakit kepala yang umum terjadi dan banyak dirasakan banyak orang. Biasanya disebabkan banyak hal dan tidak masuk dalam ketegori berbahaya, misalnya karena stres, kelelahan, kurang istirahat, telat makan, dehidrasi, konsumsi minuman keras berlebih, depresi atau banyak pikiran.

2. Migrain.
Migrain termasuk sakit kepala yang umum dirasakan banyak orang dan termasuk dalam jenis sakit kepala ringan. Saat penyakit ini mulai menyerang, kepala terasa berdenyut pada salah satu sisi kepala dan sering disebut dengan istilah sakit kepala sebelah. Migren bisa sebabkan banyak hal seperti diantaranya karena kelelahan stres dan banyak pikiran sehingga membuat perasaan menjadi tegang.

Biasanya migrain bisa diatasi dengan minum obat warung, tapi sebaiknya usahakan tidak terburu-buru konsumsi obat-obatan. Cukup banyak istirahat dan banyak minum air putih hangat untuk meredakan rasa sakit.

3. Sakit kepala cluster
Sakit kepala cluster biasanya menyerang dengan rasa sakit yang luar biasa dan sulit diobati dengan obat-obatan biasa yang banyak dijual di warung-warung. Jenis sakit kepala ini biasanya lebih banyak menyerang pria dan selalu meyerang pada sisi kepala tapi berbeda dengan migren yang biasanya meyerang penderita dengan usia lebih awal, mulai usia 25 tahunan.

Sakit Kepala Sekunder
Sakit Kepala Sekunder bisa disebabkan adanya kelainan patologis pada otak kemudian menimbulkan rasa sakit dan nyeri tak tertahankan. Jenis kelainan ini bisa karena adanya tumur pada bagian otak, thrombosis atau terjadinya sumbatan pada arteri, hipertensi, infeksi otak atau kelainan pada pembuluh darah dan lain sebagainya

Jenis sakit kepala ini perlu diwaspadai dan jika rasa sakit terus berlanjut diperlukan pemeriksaan secara lengkap untuk mengetahui penyebab utamanya sehingga bisa ditemukan cara penanganan yang tepat.

Beberapa gejala sakit kepala yang harus di waspadai dan segera menghubungi doketer jika sakit terus berlanjut diantaranya :

– Sakit secara tiba-tiba dan mendadak dengan rasa sakit yang hebat
– Rasa sakit yang di ikuti penurunan kemampuan berpikir dan konsentrasi
– Rasa kesadaran mulai berkurang
– Adanya perubahan kemampuan berbicara
– Kesulitan berjalan serta mengalami gangguan penglihatan
– Leher bagian belakang terasa kaku dan sakit
– Rasa sakit disebabkan benturan
– Sakit kepala di ikuti demam lebih dari 30 derajat
– Sakit yang di ikuti dengan perasaan pusing berputar, seperti ingin terjatuh

Jika gejala seperti yang telah disebutkan itu muncul, maka segera menghubungi dokter terpercaya untuk mendapatkan diagnosis yang akurat serta tindakan pengobatan atau penanganan yang tepat. Karena bisa mungkin sakit kepala yang dialami merupakan gejala dari penyakit serius yang berimbas pada kepala

Advertisement
KOMENTAR ANDA