Senin, Hari Yang Baik Melamar Kerja Di Perusahaan

Menentukan waktu dan hari baik saat melamar pekerjaan adalah cara bijak mensiasati agar surat lamaran yang anda ajukan mendapat respon positif dari perusahaan sehingga kesempatan anda untuk bekerja pada posisi yang diimpikan bisa menjadi kenyataan,

Tapi usahakan untuk tidak mengenyampingkan cara membuat lamaran kerja dan penulisan yang baik agar terlihat menarik. Karena lamaran yang anda buat menjadi faktor utama yang bisa menarik perhatian perusahaan berminat untuk mempekerjakan anda.

waktu dan hari baik melamar kerja

Penentuan hari saat mengirim lamaran, juga bisa anda jadikan penunjang untuk bisa dipertimbangkan pihak perusahaan. Dalam sebuah hasil penelitian yang di Amerika Serikat bahwa 30 persen surat lamaran kerja yang masuk pada senin cendrung menjadi perhatian utama dan  sukses pada langkah seleksi karyawan selanjutnya.

Hasil penelitian yang ditemukan Bright.com ini seperti dikutip dari merdeka.com didasarkan pada 500 ribu surat lamaran dan resume serta 15 juta lowongan pekerjaan sejak 2012 yang telah dianalisa, dimana para pencari kerja secara umum mendapatkan kesuksesan berdasarkan dari waktu saat menyampaikan lamaran.

Selain hari senin, hari selasa menjadi peringkat kedua hari yang  dinilai baik untuk mengajukan surat lamaran kerja, tingkat kesuksesannya mencapai 20 persen atau lebih rendah 10 persen dibandingkan awal pekan (senin).

Alasan Hari Senin Bai Untuk Melamar Pekerjaan
Walaupun dari hasil penelitian tidak menyebutkan secara jelas alasan mengajukan lamaran hari senin sangat menunjang untuk bisa diterima, namun ada beberapa kemungkinan bahwa awal pekan adalah hari dimana surat lamaran lain belum banyak masuk.

Surat lamaran yang masuk lebih awal menjadi prioritas dan lebih dulu dibaca sehingga perusahaan sudah menemukan kandidat yang  memang sesuai kriteria yang dicari dan dibutuhkan perusahaan.

Pada umumnya pencari kerja lebih banyak menghabiskan waktu mereka pada awal pekan, mulai dari mencari berita lowongan pekerjaan sampai meneliti lowongan yang dinilai sesuai kemudian membuat surat lamaran selanjutnya diajukan ke perusahaan tanpa mempertimbangkan waktu kapan surat lamaran sampai pada tangan HRD atau manajer perusahaan.

Hari Buruk Melamar Kerja
Ada hari baik ada pula hari kurang baik mengajukan lamaran. Jika hari senin dinilai baik dan memungkinkan sukses untuk bisa diterima, Hasil penelitian itu juga mengungkap bahwa hari sabtu termasuk hari paling buruk untuk mengajukan lamaran dan sangat kecil kemungkinan untuk sukses.

Dari hasil penelitian itu  ditemukan hanya ada sekitar 14 persen saja pelamar yang mengajukan lamaran di akhir pekan yang bisa sukses dan masuk pada tahap perekrutan selanjutnya, wawancara kerja atau interview.

Alasan hari sabtu kurang baik, juga tidak ada penjelasan secara rinci, namun ada kemungkinan pihak perusahaan (HRD) dan para stafnya terkendala keterbatasan waktu untuk mendiskusikan penerimaan karyawan baru, sehingga surat lamaran yang masuk pada akhir pekan cendrung diabaikan.

Mengatur Waktu Mengajukan Lamaran Kerja
Jika anda mencari berita lowongan kerja pada awal minggu sebaiknya perlu mengatur waktu kapan surat lamaran dibuat dan kapan surat lamaran akan di ajukan keperusahaan sehingga pada minggu pertama dapat dipastikan sudah sampai ke perusahaan.

Dengan demikian surat lamaran yang anda kirim akan datang lebih awal sehingga mendapat prioritas untuk dibaca HRD dan staf untuk kemudian dimasukkan dalam agenda diskusi penerimaan karyawan baru sesuai kebutuhan perusahaan

Advertisement
KOMENTAR ANDA