Tata Cara Shalat Hajat, Niat Serta Bacaan Do’anya

Advertisement

tata cara sholat hajatSholat hajat adalah shalat yang dilaksanakan karena adanya keinginan atau hajat tertentu agar cepat  dikabulkan oleh Allah SWT dengan cara berdoa dan sholat, terlebih jika keinginan  atau hajat tersebut  mengalami banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya maka dengan shalat berharap Allah akan melapangkan dan memudahkan semua yang menjadi keinginan.

Shalat hajat dikerjakan sebanyak 2 raka’at atau serupa dengan solat sunnah lain baik sunah rawatib, istikharah atau sholat tahajud. Perbedaan utama dengan sholat lain adalah ‘Niat’ nya sedangkan bacaan dalam sholat sama saja tidak ada perbedaan

Waktu Melaksanakan Shalat Hajat
Pelaksanaan shalat ini bisa dilakukan kapan saja dalam asal bukan waktu yang dilarang untuk melakukan sholat, misalnya sholat setelah subuh atau waktu lainnya. Namun waktu yang paling utama untuk menyampaikan permohonan kepada Allah adalah 1/3 malam terakhir atau sekitar pukul 02.00 wib (tengah malam)

Waktu sepertiga malam waktu yang aling istimewa dalam melaksanakan sholat sebagai bentu penghambaan kepada Allah, terlebih jika berdoa maka Allah akan mengambulkan segala doa hambanya pada waktu tersebut.

Tata Cara Sholat Hajat
Cara melaksanakan sholat hajat tidak ada perbedaan dengan cara melaksanakan sholat sunnah atau sholat fardhu, cuma niat dan waktunya saja yang berbeda dan pada umumnya sholat sunnah dikerjakan sebanyak 2 raka’at dengan waktu-waktu tertentu.

Perbedaan waktu, misalnya untuk melaksanakan shalat tahajud harus dikerjakan pada malam hari, sholat Dhuha harus dikerjakan pada pagi hari hingga menjelang waktu dhuhur dan sebagainya.

Berikut ini langkah-langkah melakukan shalat Hajat : Setelah wudhu’ kemudian menghadap kiblat lalu dalam :

Bacaan Niat:niat-solat-hajat-sq(saya sholat sunnah hajat 2 rakaat karena Allah Ta’ala)

1. Niat (diucapkan dalam hati)
2. Mengucap Takbir (takbiratul ihrom) sambil mengucap niat bersmaan  dengan takbir
3. Membaca Do’a iftitah – Surat Alfatihah – Salah satu surat dalam Alqur’an
4. Ruku’
5. I’tidal
6. Sujud
7. Duduk antara 2 sujud
8. Sujud ke-2
9. Berdiri untuk raka’at kedua, kemudian membaca fatihah – surat alqur’an (yang telah dihafal) lanjutkan seperti pada raka’at pertama setelah 2 raka’at akhiri dengan SALAM

Setelah sholat kemudian membaca istighfar : 100 kali sholawat nabi : 100 kali lalu dilanjutkan dengan membaca doa dibawah ini :

Bacaan Doa Sholat Hajat dalam bahasa arab

Tata Cara Shalat Hajat
Jika belum menghafal doa dalam bahasa arab bisa menggantinya dengan doa apa saja atau bisa berdoa dengan bahasa sehari-hari yang biasa anda gunakan.

Keutamaan Shalat Hajat
Ada banyak keutamaan dalam melaksanakan shalat hajat diantaranya :
– Mendapat pahala dari Allah
– Ketenangan dan ketentraman jiwa setelah menyampaikan semua kebutuhan kepada-Naya
– Harapan dikabulkan semua keperluan (hajat)
– Usaha lebih mendekatkan diri kepada Allah
– DLL

Dengan melaksanakan sholat hajat, maka akan lebih memahami kedudukan kita sebagai hamba yang mempunyai daya selain atas kehendaknya.

Advertisement
KOMENTAR ANDA