Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Permainan Bola voli dan cara bermain yang tepat – Olahraga bola volly sudah dikenal luas oleh masyarakat dan merupakan salah satu jenis olahraga paling disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Salah satu alasan permainan ini banyak diminati karena untuk melakukannya cukup mudah dan tidak membutuhkan lapangan permainan yang luas. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukan dan menerapkan cara bermain voli yang baik.

Cara agar bisa bermain bola voli dengan baik dibutuhkan bimbingan dan latihan secara rutin, terutama hal penguasaan teknik dasar permainan bola voli yang benar. Dengan mempelajari teknik-teknik dasar maka, permainan bisa berlangsung lebih menarik karena sudah sesuai dengan peraturan permainan bola voli yang sebenarnya terutama mengetahui hal-hal dasar yang diperlukan dalam permainan.

tuliat.com teknik dasar permainan bola voli

Adapun teknik-teknik dasar dan cara bermain bola voli yang harus dikuasai oleh seorang pemain ada 4 yaitu Servis  (langkah awal permainan), dan merupakan hal paling penting dalam permainan, lalu Pasing (Mengumpan bola), Smash (Memukul bola dengan keras) dan terakhir Block atau tindakan menahan bola diatas net agar tidak jatuh ke dalam lapangan sendiri.

Jika ke 4 langkah itu sudah dikuasai dengan baik, untuk selanjutnya tinggal memperdalam dan mengembangkan teknik permainan agar lebih efektif, misalnya melakukan servis atau smash agar lebih akurat dan tepat sasaran sehingga bisa dapat mengumpulkan angka.

Barikut ini ada penjelasan ke-4 teknik dasar permainan bola volly yang harus dikuasai oleh seorang pemain voli agar permainan bisa berlangsung dengan seru dan menarik :

1. Teknik Servis
teknik servisPengertian Servis adalah suatu tindakan memukul bola yang dilakukan salah seorang pemain dalam tim atau regu untuk mengawali permainan dan bola yang dipukul diarahkan ke lapangan tim lain (lawan main). Teknik ini sangat penting karena akan menentukan point atau pengumpulan angka selanjutnya. Jika servis yang dilakukan berhasil memasuki lapangan tim lain dan bola tidak bisa dijangkau atau terjatuh maka akan mendapatkan point sehingga servis selanjutnya bisa dilakukan kembali untuk menambah point karena sistem pertandingan yang digunakan sistem rally point.

Pengertian Rally Point dalam permainan bola voli adalah situasi berlangsungnya sebuah permainan dimana masing-masing tim atau regu saling bertukar pukulan yang diakhiri oleh keluarnya bola (mati) yang disebabkan tim lain tidak bisa mengantisipasi datangnya bola yang di pukul oleh tim yang melakukan pukulan (servis).

Jika selama ini teknik servis lebih dikenal dengan tindakan mengawali permainan, namun sekarang servis bisa berarti tindakan serangan awal yang dilakukan oleh salah satu tim yang melakukan servis untuk mendapatkan point. Oleh karena itu teknis servis sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Servis Bawah Dan Servis Atas. Sedangkan Servis atas dibagi lagi yaitu Tennis Servis, Floating Servis Dan Cekis.

Teknik servis dalam permainan voli sangat penting karena meruoakan sebuah cara agar bola yang dipukul ke arah lawan sesuai sasaran sehingga tidak bisa diantisipasi oleh tim lain dengan demikian akan menambah point.

2. Teknik Passing
teknik passingPengertian Passing adalah sebuah tindakan mengumpan atau mengoper bola pada teman main yang datang dari tim lain agar bola tidak terjatuh atau dengan tujuan mengatur posisi bola untuk selanjutnya melakukan serangan ke arah regu lain berupa pukulan keras atau smash. Teknik ini juga bisa berupa usaha mengembalikan pola ke area lapangan lawan yang dilakukan dengan teknik tertentu dengan harapan agar bola terjatuh dalam lapangan regu lain.

Dalam teknik pasing ini ada 2 yaitu Pasing Atas Dan Pasing Bawah.
Baca : Teknik Passing Dalam Permainan Bola Voli

3. Teknik Smash
teknik smash (spike)Pengertian smash dalam permainan bola voli adalah suatu tindakan memukul bola dengan keras ke arah lapangan regu lain ketika bola melambung diatas net. Adapun bola melambung bisa berasal dari hasil umpan yang dilakukan teman seregu atau bola yang melambung dari arah regu lain kemudian memukulnya dengan keras atau sebuah tindakan pengembalian bola dengan pukulan keras sehingga bola tidak bisa diantisipasi oleh regu lain untuk bisa mengumpulkan point

Smash dalam permainan bola voli termasuk teknik dasar yang sangat krusial karena akan sangat menetukan berlangsungnya permainan secara  baik. Biasanya smash yang dilakukan dengan baik dalam beberapa kali dan tidak bisa diantisipasi oleh regu lain, maka secara psikologis akan mengganggu permainan lawan sehingga pola permainan bisa dikuasai dengan mudah.

Hanya saja untuk menguasai teknik ini diperlukan latihan secara rutin serta melakukan inovasi dan pengembangan teknik serangan yang sekiranya mampu menmbus pertahanan lawan saat permainan berlangsung.

4. Teknik Blocking
teknik_blockingPengertian Block dalam permainan bola voly adalah sebuah upaya untuk membendung bola dari arah lawan. Blocking ini biasanya dilakukan untuk mengantisipasi bola yang datang dengan cepat yang berasal dari tindakan smash yang dlilakukan lawan atau ketika lawan akan melakukan smash (spike) saat bola melambung diatas net.

Baca : Teknik Smash Permainan Bola Voli

Melakukan blok yang baik akan membuat bola tidak mampu memasuki lapangan kita atau akan lebih baik lagi jika mampu mematikan bola itu sendiri sehingga bisa mengambil alih bola untuk kembali mengawali permainan selanjutnya.

Agar bisa melakukan teknik dasar permainan bola voli dengan baik, diperlukan latihan secara rutin termasuk melakukan inovasi dan pengembangan teknik-teknik yang sudah dikuasai sehingga bisa melakukannya dengan lebih baik dan efektif.

Advertisement
KOMENTAR ANDA