Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Sederhana Tapi Menarik

Surat lamaran kerja menarik dan menjual akan memberi peluang untuk mendapat panggilan wawancara kerja, sehingga menjadi kesempatan baik untuk bisa menunjukan kelebihan dan kemampuan anda sesuai bidang yang dilamar.

Lalu seperti apa surat lamaran kerja yang baik dan bagaimana cara penulisannya? Mungkin pertanyaan itu yang sering muncul pada saat surat lamaran yang kita kirimkan tidak mendapat respon dari perusahaan tempat kita mengajukan permohonan.

tips membuat lamaran kerja menarik

Hal terpenting dalam membuat surat lamaran kerja adalah mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit yang akan membuat HRD bosan, apalagi jika isi atau kalimat surat lamaran yang anda ajukan sudah sangat umum, seperti kebanyakan contoh surat lamaran kerja yang dapat dengan mudah kita temukan.

Coba tulis surat lamaran dengan bahasa sendiri, kalaupun anda harus melihat contoh jangan menggunakan bahasa yang sama atau cukup sebagai referensi saja untuk kemudian menyusun ulang dengan bahasa sendiri

Bukan tidak mungkin jika penulisannya asal kopi paste dari contoh yang kita dapatkan, bisa saja dari sekian banyak surat lamaran yang masuk akan ada yang sama. Jika hal itu terjadi tentu akan mengurangi nilai positif dari pihak perusahaan, Untuk membuat surat lamaran terlihat menarik dan menjual bisa perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Menggunakan  Bahasa Yang Baik.
Bahasa baik dan benar menjadi salah satu faktor penting dalam menulis surat lamaran untuk bisa melangkah pada tahap berikutnya meraih pekerjaan yang Anda diimpikan.

Gunakan kata-kata atau bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti, hindari kesan berbelit-belit sehingga perusahaan menjadi tertarik.

2. Fokus Pada Pokok Bahasan.
Hal terpenting kedua menyampaikan dengan jelas pokok bahasan dan hindari kesan terutama pada penulisan paragraf pertama, karena pada paragraf ini akan sangat menentukan bahwa lamaran anda layak untuk menjadi pertimbangan

3. Jangan Menggunakan Surat Lamaran Yang Sama Untuk Perusahaan Berbeda
Mengajukan lamaran pekerjaan untuk beberapa perusahaan seringkali dilakukan untuk memperbesar harapan diterima disalah satu perusahaan. Namun menggunakan surat lamaran sama pada beberapa perusahaan bukan cara yang baik.

Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu posisi apa yang dibutuhkan pada masing-masing perusahaan tersebut dengan demikian anda dapat menonjolkan kemampuan dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan

4. Tunjukkan Ketertarikan Anda
Dalam penulisan tunjukkan kesan tertarik pada posisi yang dibutuhkan bahwa anda kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga perusahaan dapat memberi peluang untuk langkah berikutnya (wawancara)

5. Surat Rekomendasi Dan Sertifikat Penunjang
Jika anda memiliki sertifikat atau surat rekomendasi selain ijazah atau dokumen lain, anda bisa melampirkan sebagai penunjang untuk meyakinkan perusahaan bahwa surat lamaran yang anda buat benar-benar dapat dipertanggung jawabkan sesuai kemampuan dan skil yang anda miliki.

6. Tanda Tangan
Lupa tanda tangan pada surat lamaran kerja biasa terjadi,  tapi jangan dianggap spele. Karena tanda tangan menunjukkan keaslian surat lamaran yang anda buat, kecuali jika lamaran yang anda buat mengguanakan lembaran khusus dari perusahaan atau dokumen yang disediakan secara online.

7. Kebersihan
Jaga kebersihan surat lamaran, jangan sampai kotor atau lecek sehingga tidak mengurangi kesan baik bagi anda.

Baca :

Itulah beberaa tips yang bisa anda coba untuk membuat surat lamaran terkesan menarik dan menjual sehingga perusahaan memberi kesempatan untuk anda melakukan wawancara kerja untuk selanjutnya diterima bekerja diperusahaan yang anda inginkan. Sedangkan untuk pengajuan, anda bisa memilih waktu yang baik mengajukan surat lamaran kerja misalnya  hari senin atau selasa agar surat lamaran tiba lebih awal diperusahaan

Advertisement
KOMENTAR ANDA