Warna Surat Tilang Polisi

Mengenali jenis dan warna surat tilang polisi membuat kita lebih banyak tahu hal-hal yang berhubungan dengan peraturan lalu lintas, sehingga akan membuat anda terhindar dari kesalahan dan tidak merasa terkecoh.

Jika anda biasa bepergian, mungkin anda sudah pernah kena tilang polisi atau mungkin hanya pernah diberhentikan tapi tidak sampai terkena tilang. Nah, jika anda pernah mengalami hal seperti itu sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis warna lembar surat tilang sebelum hal itu terjadi pada anda.

warna surat tilang

Selama ini kita tahu bahwa surat tilang yang biasa diberikan polisi pada pelanggar lalu lintas (pengendara) umumnya berwarna merah. Tapi sebenarnya, ada 5 warna lembar surat tilang yang biasa dipegang polisi untuk diberikan pada pelaku pelanggaran lalu lintas. Hanya saja yang umum diterima pengendara hanya berwarna merah.

Berikut ini warna lembar surat tilang, sebagaimana disampaikan Korps Lalu Lintas (Kepolisian Republik Indonesia):

Jenis Blanko Lembar Tilang Yang Berlaku:

  1. Warna merah diberikan kepada pelanggar yang ingin mengikut sidang di Pengadilan Negeri
  2. Warna biru : diberikan kepada pelanggar pelanggar ingin membayar denda tilang melalui Bank yang telah ditunjuk.
  3. Warna kuning : Arsip untuk Kepolisian
  4. Warna putih : Arsip untuk Kejaksaan
  5. Warna hijau : Arsip untuk Pengadilan

Warna Surat Tilang Merah diberikan polisi jika pelanggar tidak mengakui kesalahannya didepan polisi, sehingga pelanggar lebih memilih untuk mengikuti sidang pengadilan.

Warna Surat Tilang Biru diberikan polisi pada pelanggar yang mengakui kesalahannya dan bersedia membayar denda maksimal sesuai ketentuan. Denda dibayar melalui Bank BRI yang ditunjuk. Salah satu contoh jenis pelanggaran sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas & Angkutan Jalan

Bagi mereka yang Tidak mengenakan sabuk keselamatan dikenakan denda sebesar Rp. 250.000 sesuai Pasal 289 jo Pasal 106 ayat (6)

Semua denda yang masuk baik dari jenis tilang warna biru atau merah akan masuk ke Kas negara. Lalu warna apa yang akan diminta saat terkena tilang? Tentu saja tergantung anda sebagai pengendara. Jika anda melakuka pelanggaran dan mengakui kesalahan anda bisa minta surat tilang warna biru hanya saja anda harus membayar denda maksimal sesuai ketentuan Undang-undang yang berlaku. Hanya saja mungkin denda yang harus dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan jika anda mengiukuti sidang pengadilan (kartu tilang warna merah)

Advertisement
KOMENTAR ANDA